Kuliah Tamu PSTM 2017 “Pengembangan Kritik dan Penulisan Seni Pertunjukan (Seni Tari dan Musik) Berbasis Seni Tradisi”

IMG_20170315_084209_HDR

 

Pada hari Rabu 15 Maret 2017 Prodi PSTM Jurusan Seni dan Desain menyelenggarakan kuliah tamu yang diselenggarakan di gedung AVA Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Acara kuliah tamu ini merupakan acara rutin tahunan prodi PSTM dengan mendatangkan nara sumber dari luar. Kuliah tamu kali ini diwajibkan untuk mahasiswa PSTM semua offering, angkatan 2014 hingga 2016. Setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan workshop tata rias dengan nara sumber Didik Nini Thowok, kali ini prodi PSTM mengundang nara sumber Prof.Dr.AM. Hermin Kusmayati, SST. SU, dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan Prof.Dr.Imam Suyitno, M.Pd. dari Universitas Negeri Malang. Tema kuliah tamu yang diangkat ialah “Pengembangan Kritik dan Penulisan Seni Pertunjukan (Seni Tari dan Musik) Berbasis Seni Tradisi”. Tujuan diselenggarakannya kuliah tamu ini ialah

  1. Mahasiswa memiliki wawasan dan pengetahuan dalam bidang pengembangan kritik seni pertunjukan berbasis tradisi.
  2. Mahasiswa dapat mengembangkan dalam penulisan kritik seni yang akan digunakan sebagai karya ilmiah
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan dalam menentukan penulisan kritik seni pertunjukan yang digunakan sesuai dengan permasalahan yang akan dikembangkan.

 

Acara dibuka dengan penampilan ansambel gesek (string quartet) yang dibawakan oleh mahasiswa PSTM konsentrasi musik. Nada- nada mengalir lembut dengan harmonis dan membawa nuansa khas saat mereka membawakan medley lagu-lagu daerah yang diaransemen dengan baik. Melalui karya musik tersebut penonton diajak berimajinasi menjelajahi daerah-daerah di Indonesia dengan karakterisitk musik masing-masing. Setelah lagu medley selesai dibawakan, selanjutnya mahasiswa PSTM konsentrasi musik membawakan lagu berikutnya yang berjudul Paladio. Lagu bernuansa minor dengan ritme yang sedikit menghentak ini menimbulkan nuansa bersemangat.

IMG_20170315_084612_HDR     IMG_20170315_085216_HDR

Acara selanjutnya ialah laporan ketua pelaksana kuliah tamu Ibu Dra. Ninik Harini, M.Sn. beliau memaparkan tujuan diadakannya kuliah tamu dan bagaimana pelaksanaannya. Setelah itu dilanjutkan dengan pembukaan oleh ketua Jurusan Seni dan Desain Dr.Hariyanto, M.Hum yang dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Drs. Soerjo Wido Winarto, M.Pd. Selesai doa bersama nara sumber dan dosen-dosen PSTM saling ramah tamah.

Kuliah tamu sesi pertama diisi oleh Prof.Dr.AM. Hermin Kusmayati, SST. SU yang membahas tentang penulisan kritik seni pertunjukan. Beliau memaparkan pengalamnnya sebagai peneliti dan memberikan arahan kepada mahasiswa tentang apa yang harus ditulis setelah objek penelitian didapatkan dan apa saja yang bisa diulas dari sebuah seni pertunjukan. Setelah pemaparan beliau selesai, di akhir waktu dibuka sesi tanya jawab. Mahasiswa mengikuti sesi Tanya jawab dengan antusias hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. Sesi pertama ini ditutup dengan pemotongan tumpeng sebagai syukuran kelulusan Dr.Robby Hidajat, M.Sn.

Sesi berikutnya diisi oleh Prof.Dr.Imam Suyitno, M.Pd, beliau memaparkan tentang teknik-teknik penulisan ilmiah dan memotivasi mahasiswa untuk berani menulis. Pada sesi kedua ini masing-masing mahasiswa diminta untuk membuat outline tulisan yang akan dibuat, selanjutnya beberapa hasil pekerjaan mahasiswa diulas oleh narasumber. Kuliah tamu diakhiri pada pukul 15.00 dengan ditutup oleh ketua Prodi. Pendidikan Seni Tari dan Musik ibu Hj. Endang Wara SDP, M.Pd.

Translate »