Donny Setiyo Budi Santoso
Universitas Negeri Malang
E-mail: Donny_setiyo@ymail.com
ABSTRAK: Kediri Raya merupakan daerah yang terdiri dari wilayah
Kabupaten dan Kota. Kediri Raya salah satu daerah yang mempunyai potensi
pariwisata yang sangat tinggi dan dapat dikembangkan menjadi salah satu
potensi wisata di Jawa Timur. Sangat di sayangkan apabila potensi tersebut tidak
di ketahui oleh khalayak orang banyak, khusunya para wisatawan sehingga di
butuhkan media promosi yang tepat untuk memberikan informasi secara lengkap
dan informatif mengenai potensi–potensi pariwisata yang berada di Kediri Raya.
Untuk menjawab permasalahan tersebut di butuhkan media promosi buku“
Kediri, heritage and nature in harmony” sebagai media promosi wisata di
Kediri Raya., yang nantinya akan memudahkan para wisatawan untuk
mengetahui potensi pariwisata Kediri Raya. Model perancangan yang digunakan
dalam perancangan buku“ Kediri, heritage and nature in harmony” sebagai
media promosi wisata di Kediri Raya ini adalah model perancangan prosedural
yaitu yang bersifat deskritif, dimana harus mengikuti langkah – langkah yang
harus di lakukan untuk menghasilkan sebuah produk. Sedangkan dalam
menentukan identitas suatu daerah langkah pertama adalah melakukan
identifikasi data sejarah dari pengelola, visi dan misi, struktur entitas, lokasi dan
kontak entitas, kultur, nilai-nilai yang dikandung, keunggulan dan kelemahan,
target pasar, identitas serta menganalisa data yang menghasilkan kata-kata kunci
(keywords). Produk yang dihasilkan dalam perancangan ini adalah berupa buku“
Kediri, heritage and nature in harmony” sebagai media promosi wisata di
Kediri Raya. Buku ini berukuran 21 x 21cm dengan jumlah 84 halaman, cetak
full color, bahan dari art paper 150 grm untuk isi dan 230 grm untuk cover
berisi tentang objek – objek wisata yang ada di Kediri Raya , meliputi objek
wisata sejarah, alam, seni budaya , liburan, kerajinan, kuliner dan objek yang
mendukung adanya pariwisata tersebut, seperti rekomendasi penginapan dan
transportasi. Buku ini di harapkan dapat mengenalkan dan mudahkan para
wisatawan mengetahui potensi wisata Kediri Raya.
Kata Kunci : perancangan, buku wisata, media promosi, Kediri Raya, city
branding