Pernah gak dengar VR atau google cardboard? Sebenarnya, VR atau Virtual Reality itu apa si?

VR atau Virtual Reality adalah suatu kemajuan teknologi yang memberikan alternatif baru  terhadap cara berinteraksi antara audiens dan video. Bila video konvensional hanya bisa dilihat dari satu arah dan audiens mejadi pihak pasifnya, teknologi VR memberikan cara baru dalam menikmati video sehingga audiens dapat memilih sudut pandang yang diinginkan dari video yang dilihatnya. Hal ini memungkinkan karena VR menggunakan teknologi kamera 360 yang membuat audiens dapat melihat dari berbagai arah di video yang dilihatnya dengan suara yang masih terdengar secara kontinu.

Seperti yang disampaikan Dennis Adhiswara dalam PopCon Asia 2015 di Surabaya dalam workshop Virtual Reality, film VR pertama buatan Indonesia dibuat dengan camera 360 yang ditricky untuk menghasilkan film bergenre horor untuk mengatasi kekurangan VR. Film tersebut menceritakan seorang wanita yang mengalami kecelakaan lalu lintas dan didatangi oleh kuntilanak di dalam mobilnya yang berhenti. Sudut pandang yang diambil dalam film tersebut berada di dalam mobil dengan posisi kamera yang tidak berubah namun audiens dapat mempacing sudut pandang saat terpancing oleh suara-suara seram  di sekitar mobil.

Untuk lebih tahu lebih lanjut tentang VR apa kelebihan dan kekurangannya begitu juga trik teknologi untuk membuat VR maupun aturan-aturan VR dibahas di halaman lainnya. Sedangkan hubungan antara Virtual Reality dan google cardboard dapat dilihat di halaman ini.