KEWENANGAN LULUSAN

Program Studi Animasi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dirancang dan diarahkan untuk menjadi profesional pemula di dunia animasi dan media terapan seperti Animator 2D/3D, Desainer Karakter, Pengembang pemula Industri Animasi, Desainer Game/Multimedia, Pengembang pemula Industri Game, Desainer Asset Game. Profil lulusan dari program studi Animasi memiliki kelebihan dalam bidang game animasi 3 dimensi yang bernuansa budaya lokal Indonesia serta lebih mengedepankan karya game animasi yang bermuatan pendidikan dalam konteks global dan menumbuhkan jiwa interpreneurship dalam jiwa tiap lulusan prodi D3 Animasi.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai ketrampilan dalam merancang desain interface, karakter, property, lingkungan dan musik pada media terapan
  2. Menguasai pengetahuan prinsip dasar ilmu seni budaya Indonesia, pola budaya nusantara dan filsafat dalam visulisasi karya bidang game animasi berbasis budaya lokal
  3. Menguasai pengetahuan dasar bidang fotografi dan videografi serta editing video serta spesial efek guna menunjang karya bidang media terapan dan animasi.
  4. Menguasai keterampilan untuk menghasilkan karya media terapan 2D dan 3D dalam pola produksi kelompok
  5. Menguasai perancangan konsep animasi pendek secara berkelompok maupun individu
  6. Menguasai perancangan logika, diagram alir dan desain interface sebagai dasar perancangan multimedia interaktif baik penerapan di komputer maupun

 

KETRAMPILAN KERJA

Ketrampilan Umum

  1. Mampu membuat animasi 2D & 3D sesuai dengan prinsip animasi
  2. Mampu dalam pengelolaan, manajemen dan pemasaran produksi media terapan atau animasi dengan konsep entreprenersip dalam industri kreatif baik tingkat nasional dan internasional
  3. Mampu mengidentifikasi masalah manajerial dan fungsi organisasi pada level operasional,serta mengambil tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternatif yang dikembangkan, dengan menerapkan prinsip-prinsipkewirausahaan yang berakar pada kearifan lokal
  4. Mampu memahami penerapan HAKI dalam penelaahan kajian karya bidang animasi

 

Ketrampilan Khusus

  1. Mampu merancang desain sketsa, bentuk, typografi, desain audio dan rancang bangun bentuk 3D baik manual maupun dengan bantuan perangkat lunak sebagai dasar pembuatan karya media terapan dan animasi
  2. Mampu merancang visualisasi model karakter (sclupt dan digital), ilustrasi digital maupun komik sebagai dasar pembuatan karya media terapan dan animasi
  3. Mampu menggunakan bahasa pemrograman dan media program pendukung dalam pembuatan media terapan

 

SIKAP

  1. Mampu bertanggungjawab dalam pengelolaan produksi karya bidang media terapan dan animasi
  2. Mampu bersaing dan beradaptasi terhadap perkembangan industri bidang media terapan dan animasi baik nasional maupun internasional