ANALISIS MOTIF BATIK GEDOG DESA MARGOREJO KECAMATAN KEREK KABUPATEN TUBAN

Rona Za’rifah Safitri, Drs. A. A. G. Rai Arimbawa, M. Sn, dan Ike Ratnawati, M. Pd

Universitas Negeri Malang

E-mail: ronasafitri42@gmail.com

Kebudayaan Indonesia sangat beragam bisa dikatakan Indonesia adalah negara kaya akan budaya yang beraneka ragam. Salah satu budaya yang terkenal dan menjadi ciri khas Indonesia adalah Batik. Sampai saat ini batik menjadi identitas budaya dan karakter bangsa Indonesia di mata internasional. Batik memiliki makna atau filosofi yang disampaikan lewat motif yang dimilikinya. Motif dan warna tersebut tercipta dari berbagai macam latar belakang daerah, adat istiadat dan budaya setempat. Salah satunya adalah Batik Gedog yang tepatnya di desa Margorejo kecamatan Kerek kabupaten Tuban.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang diperoleh dengan mengungkapkan informasi secara menyeluruh dan sesuai dengan konteks melalui pengumpulan data. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung. Analisis data dimulai dari tahap deskripsi, analisis formal, interpretasi, dan evaluasi.

Motif Batik Gedog terinspirasi dari hasil bumi dan lingkungan sekitar masyarakat Desa Margorejo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Ide tersebut kemudian diolah dengan menstilasi dan mendeformasikan bagian-bagian yang akan dikembangkan. Motif-motif yang terdapat pada Batik Gedog memiliki beberapa ornamen motif batik, diantaranya adalah ornamen utama, ornamen pendukung, dan isen-isen motif batik serta warna yang terdapat pada motif batik gedog.

 

Kata Kunci: Batik Gedog, Analisis , Motif

 

Leave A Reply

Translate »