Visi

Program Studi D3 Game Animasi merumuskan visi yaitu menjadi program studi yang unggul dan bersaing di kancah internasional pada tahun 2025 dengan mengembangkan ilmu game dan animasi berbasis penelitian yang menekankan pada proses rekayasa dan desain di bidang game dan animasi untuk menghasilkan lulusan yang kapable dan mampu menghasilkan karya game dan animasi yang bernuansa budaya lokal Indonesia dalam konteks global dan berjiwa entrepreneurship.

Misi

  1. Program Studi Game Animasi Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang atau disingkat GA FS-UM memiliki misi menjadi program studi yang unggul dan menjadi rujukan dalam proses penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi dengan focus pada penyelenggaraan Pendidikan dan penelitian serta peegabdian kpd masyarakat untuk meningkatkan kualitas Pendidikan dan pengembangan ilmu serta terapan bidang ilmu Game Animasi yang berorientasi pada budaya lokal dan pendayagunaan teknologi informasi yang mempertimbangkan nilai-nilai kemanusiaan. Secara terperinci misi Program Studi Game Animasi Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang menyiapkan lulusan mahasiswa Diploma Tiga (D-3) yang memenuhi kebutuhan profesi sebagai game dan animasi melalui Penyelengaraan bidang:
  2. Prodi D3 Game Animasi menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam rangka meningkatkan pemerataan dan perluasan akses bagi masyarakat dalam nonkependidikan bidang game dan animasi yang memiliki kekhususan dalam hal visualisasi game dan animasi 3 Dimensi berbasis konten lokal.
  3. Prodi D3 Game Animasi meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing melalui pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan ilmu, serta pengabdian kepada masyarakat dalam ilmu nonkependidikan bidang animasi, multimedia dan game yang terarah pada visualisasi animasi dan game 3 Dimensi berbasis konten lokal.

Tujuan

Program Studi Game Animasi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (GA JSD FS-UM) dalam penyelenggaran pembelajaran program D-3 mempunyai tujuan sebagai berikut:

  1. Terselenggaranya atmosfir akademik pendidikan tinggi di Prodi D3 Game Animasi agar terdapat peningkatan pemerataan dan perluasan akses bagi masyarakat dalam penerapan bidang game dan animasi yang memiliki kekhususan visualisasi 3 Dimensi berbasis konten lokal
  2. Peningkatan mutu, relevansi dan daya saing melalui pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam ilmu non kependidikan bidang game dan animasi yang terarah pada visualisasi animasi dan game 3 Dimensi berbasis konten lokal

Target Pembelajaran

Profil Lulusan

Program Studi Game Animasi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang disiapkan menjadi Ahli Madya bidang Game Animasi yang mampu menguasai dan menerapkan ilmu game dan animasi serta mampu menghasilkan karya game dan animasi yang bernuansa budaya lokal Indonesia dalam konteks global dan mengembangkan jiwa entrepreneurship.

Standar Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Memiliki pengetahuan dan kemampuan menampilkan perilaku sebagai warga negara yang agamis, mencintai negara, bangsa, dan budaya Indonesia berdasarkan Jiwa Pancasila, serta memiliki kemandirian dalam berkarya secara inovatif, adaptif dan kritis sesuai dengan dinamika global.
  2. Memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar dibidang visual dan pemrograman, sebagai landasan dalam melakukan eksplorasi untuk kebutuhan penciptaan animasi dan game
  3. Memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk membuat animasi sesuai dengan prinsipnya, baik secara teknik 2D, 3D dan eksperimental pada tahap pra produksi, produksi, dan pasca produksi dalam perannya sebagai animator yang disiplin, bertanggung jawab dan mampu bekerja sama dalam tim.
  4. Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam membuat desain game 2d maupun 3d yang meliputi pembuatan desain interface, dokumen desain, aset game dan pemrograman game dalam perannya sebagai game desainer yang mandiri dan bertanggung jawab serta dapat bekerjasama dalam tim.
  5. Memiliki pengetahuan dan kemampuan merancang desain interface, karakter, property, lingkungan dan musik pada proses pembuatan game atau animasi dalam perannya sebagai desainer aset yang bertanggung jawab secara mandiri dan mampu bekerjasama dengan tim.

Buku Pegangan Matakuliah

(Struktur Kurikulum dan Deskripsi Matakuliah)

Prosedur Pendaftaran

Prosedur pendaftaran, jadwal penerimaan, dan sistem seleksi mahasiswa baru di program studi D3 Game Animasi, dilaksanakan melalui sebuah sistem seleksi secara terpusat di Universitas Negeri Malang.

Kontak

Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami

Translate »