Usulan kota Malang menjadi nominator kota kreatif dalam bidang gastronomi dunia oleh UNESCO merupakan langkah yang tepat, hal ini didasari karena kota Malang memiliki banyak potensi yang dapat diunggulkan di bidang kuliner. Namun kegagalan kota Malang mengajukan proposal ke UNESCO (th2015), terkendala dengan kurangnya data-data yang akurat tentang potensi kuliner kota Malang. Antara lain kurangnya dokumen dan akses bagi wisatawan untuk mengetahui potensi kuliner. Penelusuran tentang Potensi Oleh-oleh khas Malang yang terdokumentasikan kemudian menjadi dasar tim peneliti yang diketuai oleh Dr. Rina Rifqie Mariana, M.P bersama Wahyu Nur Hidayat, M.Pd, Yon Ade Lose Hermanto S.Sn. (Dosen Departemen Seni dan Desain), M.Sn, Widi Poedji Kristanto mengembangkan buku bergambar berbasis multi Media yang berjudul : potensi oleh-oleh khas Malang dan pembuatan website Malang Culinary yang bisa diakses di seluruh dunia.

Penelitian dirancang dengan desain penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan dalam penelitian ini melalui tahap produk kajian teoritik, produk kajian konseptual, produk hipotetik, dan produk final. Data –data dari penelitian tersebut sudah dituangkan dalam buku ber ISBN dengan judul “Potensi Oleh-Oleh khas Malang dan artikel yang disajikan pada seminar nasional “pariwiata”. Berikutnya adalah pembuatan website kuliner Malang yang dapat diakses di seluruh dunia sudah melalui uji coba yaitu. Website E-VLAB merupakan sistem manajemen digital marketing yang diperuntukkan sebagai platform pembelajaran manajemen digital marketing. Bagi UMKM kuliner Website ini memiliki berbagai fitur yang di antaranya adalah fitur Dashboard, Feed Plan, Data Usaha, dan sebagainya. Adanya website E-VLAB diharapkan dapat membantu pelaku bisnis digital agar dapat meningkatkan keterampilan digital marketing melalui manajemen digital marketing sesuai dengan tujuan SDG 1 dalam mendukung usaha start-up kota malang.

Pengujian website didapatkan melalui pendapat subjektif dari responden Dari beberapa pendapat yang telah dituturkan oleh responden, maka dapat disimpulkan bahwa dari segi usabilitas, website E-VLAB sudah cukup membantu pelaku bisnis digital dalam mengelola digital marketing mereka. Namun masih ada beberapa fitur yang dapat menjadi petimbangan bagi para pengembang agar kedepannya dapat dikembangkan.