Hak Cipta iOMTARA

Aplikasi iOMTARA

 

Deskripsi Produk

Aplikasi iOMTARA merupakan aplikasi room tour menggunakan teknologi Virtual Reality untuk platform Android. iOMTARA memberikan tampilan visual 3 dimensi dari desain interior rumah tradisional Nusantara yaitu rumah tradisional Joglo dari Yogyakarta Indonesia dan rumah tradisional Melaka dari Malaysia. Pada aplikasi ini, akan ditampilkan 2 bangunan rumah tampak luarnya. Pengguna seolah-olah berada di dalam aplikasi dan bertindak sebagai manusia yang dapat mengitari rumah untuk melihat bangunan dari tampak depan, samping, maupun belakang rumah. Kemudian pengguna juga seolah-olah berjalan memasuki rumah melalui pintu depan sampai memasuki ruang-ruang di dalam rumah. Di setiap ruangan juga dilengkapi furnitur dan aksesoris ruangan yang sesuai dengan fungsi ruang dan kondisi ruang di dalam rumah yang sebenarnya.

Rumah pertama yang ditampilkan pada aplikasi iOMTARA ini adalah rumah tradisional Joglo Yogyakarta yang berlokasi di Kabupaten Bantul, DI. Yogyakarta, Indonesia. Rumah ini merupakan salah satu Rumah Tradisional Joglo yang masih dilestarikan dan memiliki susunan ruang yang lengkap. Rumah Joglo ini sampai saat ini masih difungsikan sebagai rumah tinggal oleh keluarga pendiri rumah. Sebagai salah satu Rumah Joglo yang memiliki susunan ruang lengkap, rumah ini juga seringkali dikunjungi oleh wisatawan baik dari Indonesia maupun Internasional untuk melihat hasil kearifan lokal Indonesia ini. Selain itu, rumah ini juga seringkali digunakan sebagai latar lokasi pengambilan gambar film nasional yang mengambil tema Jawa.

Rumah kedua yang ditampilkan pada aplikasi iOMTARA ini adalah rumah tradisional Melaka Malaysia di Mini Malaysia dan Kampung Morten, Melaka, Malaysia. Ciri khas dari Rumah Tradisional Melaka adalah tangga untuk memasuki bagian dalam rumah. Berbeda dengan Rumah Tradisional Joglo, Rumah Tradisional Melaka dibangun dengan sistem panggung dengan tinggi 90 cm sampai 140 cm. Tangga ini dibuat dengan material semen dan batu bata sehingga bersifat permanen, dengan ciri khas lapisan keramik motif pada bagian undakan tangga dan tiang railing (pegangan tangga) bagian depan.

Tujuan dibuatnya aplikasi iOMTARA ini adalah sebagai media pengenalan tentang rumah tradisional Nusantara, baik dari Indonesia maupun Malaysia. Selain itu, aplikasi ini juga dibuat dengan tujuan sebagai jembatan bagi masyarakat secara umum dan siswa/ mahasiswa untuk mengenal dan dapat mengalami pengalaman ruang di 2 rumah tradisional tersebut. Setelah tujuan dicapai, diharapkan aplikasi ini dapat berfungsi dengan baik sebagai media pengenalan rumah tradisional nusantara bagi masyarakat secara umum serta dapat menjadi salah satu media pembelajaran pada mata pelajaran budaya di sekolah-sekolah dan universitas. Secara lebih khusus dapat menjadi media pembelajaran pada Mata Kuliah Desain Interior di tingkat Perguruan Tinggi.

Kelebihan aplikasi iOMTARA ini adalah pengguna dibuat seolah-olah melihat objek nyata dimana pengguna juga dapat masuk ke dalam rumah dan mengalami pengalaman ruang secara virtual. Aplikasi ini menjadi jembatan bagi siapapun yang belum pernah melihat dan masuk ke dalam rumah tradisional Joglo Yogyakarta dan rumah tradisional Melaka Malaysia untuk dapat mengalami pengalaman interior seperti melihat langsung rumah dan interior di dalamnya. Selain itu, pada aplikasi ini juga ditampilkan keterangan dan identitas rumah, serta fungsi dari masing-masing ruang. Diharapkan pengguna tidak hanya memperoleh informasi secara visual tetapi juga informasi tertulis secara teori tentang rumah tradisional Nusantara dan fungsi-fungsi ruang di dalamnya.

Aplikasi ini dapat dijalankan di handphone dengan platform android yang dihubungkan dengan VRbox jenis apapun. Perubahan tampilan pada VRboard dan handphone platform android dapat diatur melalui aplikasi Google Cardboard sehingga aplikasi ini dapat digunakan dengan handphone android jenis apapun dan VRbox jenis apapun. Selain itu, ketika digunakan pada VRbox, aplikasi ini juga dapat dihubungkan dengan layar komputer melalui aplikasi ketiga yaitu Airdroid dan Screen Cast. Aplikasi ketiga tersebut dapat diperoleh secara gratis di Playstore. Aplikasi ini juga tergolong ringan sehingga dapat digunakan pada handphone dengan platform android jenis apapun.

Terlepas dari kelebihan yang diberikan pada aplikasi ini, terdapat juga kekurangan yang masih membutuhkan perbaikan. Aplikasi ini baru dapat dijalankan pada handphone dengan platform android dan belum bisa dijalankan pada handphone bersistem IOS.

 

id_IDID