PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA BERBASI PEMBELAJARAN ENTREPRENEURIAL TENTANG GAMBAR BENTUK ALAM BENDA UNTUK SISWA SMP

Mohamad Zamzami
Yohanes Moeljadi Pranata


Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang 65145

E-mail: Zamituzam@gmail.com

 

ABSTRAK: Tujuan umum pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah bahan ajar multimedia berbasis pembelajaran entrepreneurial tentang gambar bentuk alam benda untuk siswa SMP. Sedangkan tujuan khusus pada pengembangan ini adalah (1) Menghasilkan sebuah bahan ajar multimedia berbasis pembelajaran entrepreneurial tentang gambar bentuk alam benda untuk siswa SMP, (2) Mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar multimedia berbasis pembelajaran entrepreneurial tentang gambar bentuk alam benda untuk siswa SMP.

Kata Kunci: Pengembangan, bahan ajar, pembelajaran entrepreneurial, gambar bentuk alam benda.

 

 

ABSTRACT: The purpose of this development is about teaching material based entrepreneurial approach about still life for junior high school student. The spesific develop about this is (1) Sedangkan tujuan khusus pada penelitian ini adalah (1) the result is and teaching material based  entrepreneurial approach about still life for junior hig school (2) knowing the level of suiteble teaching material based  entrepreneurial approach about still life for junior hig school

Key Words: Development, teaching material, entrepreneurial approach, still life.

 

Menggambar bentuk adalah salah satu cabang ilmu seni yang membahas tentang menggambar suatu objek agar perwujudannya mirip dengan benda yang dijadikan sebagai model. (Margono, 2014) menggambar bentuk adalah cara menggambar dengan meniru objek secara langsung dimana semakin mendekati kemiripan rupa berarti gambar bentuk yang dibuat semakin sempurna. Materi menggambar bentuk tersaji pada KD 3.1 Kurikulum 2013 pada pembelajaran Pendidikan Seni Budaya SMP kelas VII Semester I. KD 3.1 berisi tentang kompetensi mengenai konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam yang difokuskan pada kopetensi menggambar bentuk alam benda. Bahan ajar multimedia berbasis pembelajaran entrepreneurial menekankan pada kompetensi siswa. Siswa dituntut melakukan pembelajaran sesuai prosedur dalam pembelajaran entrepreneurial adalah (1) Exploring, (2) Planing, (3) Doing, (4) Communicating, dan (5) Reflecting. Konsepbelajar pada pembelajaran entrepreneurial menekankan pada pentingnya aktivitas belajar yang berorientasi pada proses sekaligus produk. Dalam hal ini sejauh mana siswa dikondisi agar mengalami belajar dalam latar yang nyata, belajar dengan melakukan learning by

 

 

Leave A Reply

Translate »