Matakuliah Algoritma dan Pemrograman merupakan salah satu matakuliah dasar yang harus ditempuh oleh mahasiswa D3 Game Animasi, dimana dalam matakuliah ini mahasiswa akan diberikan bekal dasar-dasar logika dan algoritma yang nantinya akan diimplementasikan dalam pengembangan pemrograman komputer. Salah satu kesulitan yang sering dialami oleh mahasiswa dalam matakuliah ini memahami rangkaian proses yang akan terjadi pada saat sebuah algoritma dijalankan, khususnya pada proses-proses perhitungan. Hal ini karena sebagian besar proses perhitungan di dalam algoritma akan dijalankan oleh CPU tanpa adanya tampilan visual yang bisa dilihat. Tim Peneliti dengan diketuai oleh Dosen Animasi Joko Samodradan dengan anggota Arif Sutrisno, Muhammad Nurwiseso W, Salsabila Thifal Nabil Haq, Karin Munaningtyas, Erly Novitasari melakukan pengembangan Inovasi Pembelajaran Interaktif berbasis Website. Tujuan yang ingin dicapai yaitu menghasilkan media pembelajaran yang menarik, interaktif dan terintegrasi dengan SIPEJAR dengan tujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami algoritma dan pemrograman komputer.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE, yang membagi tahapan pengembangan menjadi lima langkah yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Model pengembangan ADDIE merupakan model pengembangan yang menghasilkan produk yang efektif karena di setiap tahapannya terdapat revisi atau evaluasi, sehingga hasil yang didapatkan berupa produk yang baik dan efektif. Selain itu, model pengembangan ini juga dianggap berurutan dan interaktif, serta mudah untuk diimplementasikan.

Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini berupa sebuah website Media Pembelajaran Algoritma Pemrograman dengan URL http://algomedia.web.id/ yang fungsi utamanya adalah sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Algoritma Pemrograman.