Perancangan Buku Cerita Bergambar “Bible Story: Noah” Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak-Anak Sekolah Minggu

ABSTRAK
Adiwibawa, Jalu Pratama E. 2014. Perancangan Buku Cerita Bergambar “Bible Story: Noah” Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak-Anak Sekolah Minggu. Skripsi, Program Study Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc (2) Drs. Andi Harisman.
Kata Kunci: Buku Cerita Bergambar, Cerita Alkitab, Bahtera Nabi Nuh, Sekolah Minggu
Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan sebuah media yang bisa dimanfaatkan sebagai alat peraga untuk memudahkan para pengajar sekolah minggu dalam mengajarkan pendidikan karakter pada anak-anak. Tujuannya adalah supaya anak-anak memiliki role model atau panutan dalam perilaku sehari-hari. Analisis target audience telah dilakukan sebelum proses perancangan, untuk menemukan konsep dan strategi yang paling sesuai. Yang pada akhirnya diputuskan untuk mengangkat salah satu kisah Alkitab yaitu kisah tentang nabi Nuh. Dalam kisah ini anak-anak diajak untuk meneladani sikap taat yang ditunjukkan oleh nabi Nuh.
Proses perancangan dimulai dengan menganalisa target audience yaitu anak-anak sekolah minggu yang usianya diperkirakan berkisar antara 9-11 tahun. Dimana anak-anak usia tersebut dinilai sudah memiliki kemampuan analisis kritis dan reasoning. Dengan pertimbangan seperti itulah sehingga diputuskan untuk merancang media yang berbentuk buku cerita bergambar. Dengan pertimbangan bahwa media ini mampu menciptakan kedekatan emosional antara pengajar dengan anak-anak yang diajar.
Proses perancangan buku cerita bergambar dimulai dengan melakukan sket kasar sebagai pedoman perancangan. Sementara referensi visual diambil dari film box office berjudul “Noah” yang belum lama dirilis. Dan kemudian disempurnakan dengan proses digital menggunakan software Adobe Illustrator CS5 dan Adobe Photoshop CS5. Menghasilkan sebuah purwarupa buku cerita bergambar berukuran A4 landscape beserta beberapa media pendukung publikasi berupa poster dan x-banner.

Leave A Reply

Translate »