Perancangan Desain Karakter Bertema Local Wishdom untuk Menyambut Pameran DESIGNHOLIC 2016

DSC_0248 (2)

Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Konsentrasi Desain sedang antuasisnya dalam mempersiapkan karya untuk ditampilkan dalam pameran DESIGNHOLIC 2016 yang akan dimulai tanggal 19 Desember di Dilo (Digital Innovation Lounge). Tema-tema yang akan diusung dalam karya adalah karakter komik berbasis seni dan budaya di lingkungan sekitar tempat tinggal. Selama perjalanan perancangan karakter tersebut,mahasiswa dibimbing oleh Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn, selaku dosen yang memberikan semangat dan mengajari mahasiswa mulai dari teori maupun praktek pembuatan karakter komik tersebut.

P_20161213_104310

V_20161213_104404.mp4_000028982

Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn selalu menekankan pada mahasiswa untuk bisa kreatif, inovatif dan memperhatikan peluang dalam dunia desain. Seperti halnya membuat desain karakter, kedepannya kegiatan ini dapat memberikan peluang bisnis usaha di bidang ilustrasi yang masuk dalam sub sektor industri kreatif . Inovasi pada desain karakter tidak hanya bisa diaplikasikan dalam sebuah komik dan lukisan tetapi dapat juga di aplikasikan dalam dunia fesyen seperti gambar pada kaos, tas, dan sepatu, selain itu juga bisa digunakan menjadi game dan website. Sedangkan penguatan karakter local wishdom juga ditekankan pada konsep-konsep yang diajarkan kepada mahasiswa agar mahasiswa sebagai generasi muda mampu mempertahankan jati diri bangsa Indonesia.

KARAKTERKARAKTER

Helmi Zuhdi, mahasiswa asal Kota Malang ini mengangkat karakter komik seorang pendekar yang memakai mahkota singa dan bersenjata parang, diambil dari maskot AREMA yaitu klub sepakbola fenomenal dari Malang yang menggunakan logo “Singo Edan”(Singa Gila), pendekar itu berpose loncat dan menendang sebagai kekuatan dimana diambil dari kelincahan dan tendanga-tendangan maut pemain sepakbola AREM yang sering mendapatkan kejuaraan. Karya lain milik mahasiswa yang bernama Lucky Prasetya, karakter ini menggambarkan seorang pendekar memakai topeng dan berkostum baja berwarna perak dan maerah serta berkain di pinggang dimana karya ini mengangkat tema Bujang Ganong Reyog Ponorogo. Biaik bentu topeng dan warna yang dingakat sama. Dan masih banyak lagi karya mahasiswa yang menarik dapat dilihat pada pameran DESIGNHOLIC 2016 di DILO. (Lisa Sidyawati)

Translate »