PERANCANGAN FILM ANIMASI 3D UNTUK MENANAMKAN SIKAP HEMAT ENERGI PADA ANAK SEKOLAH DASAR

 Rudi Suhariyanto, Sarjono, Andreas Syah Palevi,

Jurusan Seni Dan Desain

Universitas Negeri Malang

E-mail: Rudisuhariyanto@ymail.com, sarjono_duren@yahoo.com, dkvmania@gmail.com

  

ABSTRAK: Indonesia merupakan Negara yang beranekaragam pulau beserat sumber daya alamnya terbaruhi maupun tidak terbaruhi, dan semua orang menggunakannya sumber daya alam tersebut termasuk energi. Energi semakin menjadi masalah serius yang harus dipecahkan, banyak anak-anak yang belum mengerti pentingnya penghematan energi. Sikap ini perlu diubah sejak dini. Perancangan film animasi 3D bertemakan penghematan energi dapat menambahkan pengetahuan bagi anak-anak sekolah dasar kelas VI, selain itu sebagai bahan pengetahuan dan pentingnya penghematan energi listrik didalam rumah tangga. Membantu uapaya guru dalam mendidik murid-muridnya supaya selalau menghemat energi dan bisa dijadikan mendia pendukung edukasi pengetahuan umum tentang penghematan energi pada anak sekolah dasar kelas VI.

Perancangan film animasi 3D yang bertemakan penghematan energi ini menggunakan model perancangan prosedural yang menjelaskan secara deskritif serta diiringi dengan langka-langka yang sistematis, terstruktur dan logis. Perancangan ini dibuat berdasarkan data primer dan data sekunder yang terkait dengan penghematan energi listrik yang didapat melalui observasi, wawancara dan dokumentasi pada SDN Bandulan II dan SDN Bandulan III.

Hasil dari perancangan ini berupa film animasi 3D tentang penghematan energi dengan durasi 4.44 menit, didalam film animasi 3D ini terdapat nilai-nilai tentang bagaimana penghematan energi listrik didalam rumah tannga selain itu juga diantaranya terdapat media yang berkaitan dengan film animasi 3D tersebut. Disarankan bagi perancang film animasi 3D berikutnya agar lebih kreatif dalam menciptakan hal baru sehingga lebih menarik audiens.

Kata Kunci : Perancangan, Film Animasi 3D, Hemat Energi, Anak Sekolah  Dasar

Leave A Reply

Translate »