Perancangan Film Animasi Pendek 2D “Singo & Mas Dut: Pengenalan Badut

ABSTRAK

Cahyo, Herwin Tri. 2014. Perancangan Film Animasi Pendek 2D “Singo & Mas Dut: Pengenalan Badut”. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Prodi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Didiek Rahmanadji, M.Pd (II) H.J. Hendrawan, S.Sn, M.Ds

Kata Kunci: film pendek, animasi 2D, candi badut, anak usia8-9 tahun.

Bangsa Indonesia dengan berbagai suku bangsanya memiliki banyak peninggalan nenek moyang yang mempunyai nilai sangat tinggi. yang berupa adat istiadat, pakaian, tarian, bangunan dan lain sebagainya. Banyaknya bangunan-bangunan bersejarah peninggalan leluhur merupakan aset yang tinggi karena dapat menarik wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Salah satunya adalah Candi Badut yang terletak di desa Karang Besuki, kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sangat disayangkan karena hingga saat ini masih sedikit sekali bacaan atau tontonan yang memberikan informasi dan pengenalan tentang bangunan-bangunan sejarah di Indonesia. Bahkan bila kita perhatikan di beberapa stasiun televisi terkadang lebih sering menayangkan film-film asing. Oleh karena itu diperlukan sebuah solusi untuk mengatasi kurangnya wawasan pengetahuan generasi muda terhadap bangunan-bangunan sejarah di Indonesia. Untuk menyikapi permasalahan di atas penulis mencoba memberikan alternatif agar dapat dijadikan media referensi hiburan sebagai media tontonan yang dapat diandalkan. Untuk itu dibutuhkan suatu media yang simpel, berkarakteristik dan mudah dimengerti.

Salah satu faktor dalam belajar mengajar ialah peranan media belajar. Penggunaan media dalam pembelajaran dapat membantu anak dalam memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Penggunaan media dalam pembelajaran dapat mempermudah siswa dalam memahami sesuatu yang abstrak menjadi lebih konkrit. Media filma animasi merupakan media pembelajaran 2 dimensi yang menjadi salah satu solusi sebagai media yang dinilai mampu diterima pihak luas,

Salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk menyikapi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan media audio-visual berupa film animasi / film kartun. Karena saat menonton film kartun, penonton menggunakan  kedua belah otaknya. Dari beberapa hal di atas maka dilakukanlah perancangan film animasi “Singo & Mas Dut: Pengenalan Candi Badut”. Perancangan film animasi ini ditujukan untuk anak-anak dengan usia 8 sampai 9 tahun. Karena secara psikologis, kemampuan berpikir dan fantasi anak di usia tersebut meningkat

 

ABSTRACT

 

Cahyo, Herwin Tri. 2014. Designing Short Animation 2D Movie“Singo & Mas Dut: Introduction Temple Baduts”. Thesis, Department of Art and Design, Prodi Visual Communication Design, Faculty of Letters, University of Malang. Preceptor: (I) Drs. Didiek Rahmanadji, M.Pd (II) H.J. Hendrawan, S.Sn, M.Ds

Keywords: short films, animation 2D, temples badut, children aged 8-9 years old.

 

Indonesian nation with various tribe has many ancestral which has a very high value. in the form of customs, clothing, dance, buildings and so forth. The many historic buildings ancestral heritage is an asset that high because it can attract tourists, both domestic and foreign tourists. One is a temple located in the village Clown Coral Besuki, subdistrict Dau, Malang, East Java.

It is unfortunate because it is still very little reading or spectacle that provide information and an introduction to the history of the buildings in Indonesia. Even if we look at several television stations broadcast sometimes more often foreign films. Therefore we need a solution to overcome the lack of insight into the knowledge of the younger generation to buildings in Indonesian history. To address the above problems the author tries to give an alternative that can be used as reference media entertainment as a reliable media spectacle. That requires a simple medium, characterized and easy to understand.

One factor in learning is the role of the media studied. The use of media in learning can help children in providing meaningful experiences for students. The use of media in learning to facilitate students in understanding something abstract to be more concrete. Media animation movie is a two-dimensional medium of learning into one solution as a medium that is considered capable received wide parties,

One alternative could be done to address the above problems is to use audio-visual media in the form of animated films / cartoons. Because while watching cartoons, the audience using both sides of his brain. Of some of the above we conducted design animated film “Singo & Mas Dut: Introduction Temple Badut”. The design of the animated film is intended for children ages 8 to 9 years. Because psychologically, the ability to think and fantasy children in that age increased.

Leave A Reply

Translate »