ABSTRAK

Omegaputra, Arga Ragil. 2014. Perancangan Komik Peristiwa Sumpah Palapa Gajah Mada Sebagai Bagian Dari Khazanah Sejarah Peradaban Nusantara. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universita Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Moeljadi Pranata, M.pd (II) Andreas Syah Pahlevi, M.Sn

 

Kata Kunci : Perancangan, Komik, Gajah Mada, Majapahit, Khazanah, Sejarah,    Peradaban Nusantara.

 

Bangsa Indonesia tidak dapat terlepas dari sejarah peradaban nusantara yang merupakan cikal bakal lahirnya bangsa Indonesia. Nusantara sendiri terdiri dari banyak kerajaan dan masing-masing kerajan memiliki puncak perdaban tersendiri pada masanya.Namun banyak tokoh-tokoh dalam khazanah sejarah peradaban nusantara yang tidak begitu dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia khususnya di kalangan remaja karena minimnya media yang mengulas kisah para tokoh-tokoh tersebut.

Sejalan dengan harapan diatas, maka dipilihlah satu media berupa komik yang mengangkat cerita Mahapatih Gajah Mada yang berusaha mempersatukan kerajaan-kerajaan di seluruh nusantara dibawah kekuasaan Majapahit. Sesuai dengan sumpah Mahapatih Gajah Mada yaitu Sumpah Palapa.

Komik menjadi pilihan karena adanya kecenderungan, para remaja lebih menyukai bacaan media hiburan seperti komik dibandingkan dengan buku sejarah yang terlalu rumit untuk dipahami. Perancangan ini akan menghasilkan produk sebuah buku komik terdiri dari 48 halaman. Gaya ilustrasi yang dipakai adalah pengembangan dari gaya ilustrasi realis agar dapat diminati oleh target audiens.Dari proses perancangan ini dapat diambil kesimpulan bahwa komik dapat dipakai sebagai salah satu pilihan media ilmu pengetahuan dan hiburan. Dan sebagai paduan media bagi komik Sumpah Palapa Gajah Mada ini maka dibuat juga media pendukung berupa x-banner,poster, t-hirt, topi, totebag, gantungan kunci,leaflet dan sticker.

Melalui media komik ini, cerita tentang perjuangan Mahapatih Gajah Mada dalam mempersatukan nusantara diharapkan dapat tervisualisasikan dengan jelas dan menarik, dengan ilusatrasi yang disesuaikan dengan segmentasi remaja. Kedepannya nanti diharapkan konsep tema dari perancangan komik ini akan dapat diterapkan untuk perancangan komik yang selanjutnya dengan jenis tema yang lain untuk target market yang lain pula, yang mengangkat kisah dari tokoh-tokoh dalam khazanah sejarah peradaban nusantara.

ABSTRACT

Omegaputra, Arga Ragil. 2014. Perancangan Komik Peristiwa Sumpah Palapa Gajah Mada Sebagai Bagian Dari Khazanah Sejarah Peradaban Nusantara.Thesis. Department of Art and Design, Faculty of Letter, State University of Malang. Advisors: (I) Dr. Moeljadi Pranata, M.pd  (II) Andreas Syah Pahlevi, M.Sn

 

Keywords :Design, Comic, Gajah Mada, Majapahit, Khazanah, History,    Nusantara Civilization.

 

Nusantara civilization is an integral part of the birth of Indonesia as a nation. Nusantara was built from many kingdoms, and each had their own golden era. But in majority, Indonesian people isn’t aware of many important figures from Nusantara, especially on teenagers, they has not spesifically known about Indonesian figures because the lack of media which introduce these figures.

With the problem written above, writer chooses to design a comic as a media that will tell the story of Mahapatih Gajah Mada in his quest to unite all the kingdoms of Nusantara under Majapahit. As Mahapatih Gajah Mada’s oath, Palapa Oath.

Comic was chosen because it has bigger tendency to be read by teens than history book. This design will produce a comic book which consists of 48 pages. This comic will use realist style to pull the target audience’s interest. From this design process it can be concluded that comic can be used as a choice of media for whether entertainment or lesson purpose. The design will also include promotional media such as x-banner, poster, t-shirt, hat, totebag, keychain, leaflet, and sticker.

Through this comic, the story of Mahapatih Gajah Mada’s quest on uniting Nusantara hopefully can be visualized interestingly and clearly, using illustration style that is based on teen segment. As such this comic can be used as a base or reference to produce further work about Nusantara Civilization.