ABSTRAK
Zul Khanafi, Arista.2016 Perancangan Multimedia Interaktif Berhitung Berbasis
Flash untuk Anak Usia 4-6 Tahun . Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Moch. Abdul Rahman, S.Sn, M.Sn. (II) Joko Samudro, S.Kom, M.T.
Kata Kunci: Perancangan, Multimedia Interaktif, Berhitung, Flash, Anak Usia
4-6 Tahun
Berhitung merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap individu untuk mempermudah dalam melakukan penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, dan mengukur suatu jumlah. Anak usia 4-6 Tahun kesulitan dalam proses berhitung dan menghafal angka karena adanya game dan pengaruh media yang tidak memberikan edukasi tentang berhitung, oleh karena itu, dibutuhkan media yang menarik tentang pengenalan angka dan berhitung untuk anak.
Tujuan dari perancangan ini adalah, agar anak usia dini mengenal angka dan dasar berhitung. Dengan adanya media diharapkan agar anak usia dini mampu mengenal angka dan dasar berhtiung.
Model Perancangan yang di pakai adalah menggunakan model prosedural yang bersifat diskriptif. Berawal dari latar belakang permasalahan yang sedang terjadi di Taman Kanak-kanak tentang masih kurangnya pengetahuan anak usia dini tentang pengenalan angka dan dasar berhitung.
Perancangan ini terdiri dari media utama yaitu, DVD Aplikasi Bocah dari Masa Depan, poster, pin. Sticker, kaos, gantungan kunci,Data Perancangan ini diperoleh dari pengumpulan data buku-buku, website, indikator guru, dan wawancara.
Multimedia interaktif merupakan salah satu tipe animasi buku digital yang didalamnya terkandung elemen-elemen visual seperti gambar, suara, animasi, dan tombol interaksi yang digunakan oleh pengguna yang ditujukan pada anak usia 4-6 tahun. Memiliki 5 tahapan berhitung yaitu pengenalan, menghitung, penjumlahan, pengurangan, dan perbandingan. Ukuran layar dapat menyesuaikan perangkat keras. Perangkat lunak yang dipakai yaitu, Adobe Flash CS5 sebagai alat coding dan animasi, Sony Sound forge 7 sebagai alat edit suara. Bentuk akhir dari Multimedia Interkatif ini berupa kepingan DVD dengan format APK.

ABSTRACT
Zul Khanafi, Arista. 2016 Design Interactive Multimedia-Based Counting
Flash for 4-6 Years Old. Thesis, Department of Art and Design, Faculty of Letters, State University of Malang. Advisors : (I) Moch. Abdul Rochman, S.Sn, M.Sn., (II) Joko Samodra, S.Kom, M.T.
Key Word: Design, Interactive Multimedia, Numeracy, Flash, Children
Counting is one capability that should be owned by every individual to simplify the arithmetic, subtraction, division, multiplication, and measure a number. 4-6 Years Old children difficulties in the counting and memorizing the numbers for their gaming and media influences that do not provide education about counting, therefore, needed an attractive media about the introduction of numbers and math for Kids.
The purpose of this design is, so that children recognize numbers and basic arithmetic. With the media is expected that early childhood is able to recognize numbers and basic arithmetic.
The design models used is using procedural models that are descriptive. Starting from the background of the problems going on in kindergarten about the lack of knowledge about early childhood introduction to numbers and basic arithmetic.
Media design consists of a main media, DVD Application Boy from the Future, posters, pin, Sticker, t-shirts, key chains, this design data obtained from the data collection of books, websites, teacher indicators, and interviews
Interactive multimedia animation is one type of digital books that it contains visual elements such as pictures, sounds, animations, and interactive button aimed by children aged 4-6 years. It has 5 stages namely : knowledge of number, counting, addition, subtraction, and comparison. The screen size can customize the hardware. The software used is, Adobe Flash CS5 as a means of coding and animation, Sony Sound Forge 7 as a sound editing tool. The final form of this form of pieces Interactive Multimedia DVD with APK format.