Visi

Visi ilmiah Program Studi Pendidikan Seni Rupa akan dicapai pada tahun 2030 sesuai dengan rencana induk pengembangan UM adalah sebagai berikut:
Menghasilkan sarjana pendidikan seni rupa yang terampil menerapkan pembelajaran yang mendidik dan mampu berinovasi melalui pengembangan keilmuan bidang pendidikan, pembelajaran, pengkajian serta praktik kesenirupaan dan desain berbasis penelitian yang berorientasi pada budaya lokal, pendayagunaan teknologi informasi dan pengembangan profesi pendidik seni rupa.

Misi

Misi ilmiah Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni dan Desain FS UM adalah mempersiapkan sarjana pendidikan seni rupa yang memenuhi kebutuhan profesi melalui:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang kependidikan, keilmuan, dan kekaryaan seni rupa dan desain yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan mengoptimal-kan pemanfaatan teknologi.
  2. Mengadakan penelitian dalam bidang kependidikan, keilmuan, dan kekaryaan seni rupa dan desain yang temuannya diharapkan bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kependidikan, keilmuan, dan kekaryaan seni rupa dan desain yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

Tujuan

Untuk mewujudkan visi dan misi ilmiah yang telah ditetapkan, dirumuskan empat butir tujuan prodi Pendidikan Seni Rupa sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional dalam bidang kependidikan seni rupa dan desain, dan dalam bidang ilmu seni rupa dan desain.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan produk karya kreatif dalam bidang kependidikan seni rupa dan desain, dan dalam bidang ilmu seni rupa dan desain yang berwawasan kewirausahaan.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang kependidikan seni rupa dan desain, serta bidang industri kreatif untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera.

Target Pembelajaran

Profil Lulusan

Sarjana pendidikan senirupa yang terampil merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan memecahkan berbagai permasalahan pembelajaran seni rupa pada jenjang pendidikan menengah dan kejuruan secara kritis; serta memiliki keahlian tambahan dalam teknik berkarya senirupa, membuat kajian kesenirupaan, dan mengelola wirausaha kesenirupaan berbasis entrepreneurship, kreatif, inovatif, dan adaptif sesuai perkembangan ipteksosbud dan IT disertai kepedulian terhadap konservasi seni tradisi.

Standar Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Menguasai teori dan praktik kesenirupaan/Kriya/Desain untuk memiliki kemampuan mengapresiasi seni/ kriya/desain dan berkarya seni kriya/desain secara kreatif dan inovatif sebagai bagian dari pendidikan kebudayaan dan spirit dalam kehidupan manusia yang menjunjung nilai-nilai kearifan lokal dalam perkembangannya yang sesuai dengan perkembangan zaman ipteks dan cita-cita kehidupan.
  2. Menguasai ilmu kependidikan dan kependidikan senirupa/kriya/desain, serta memiliki kemampuan menerapkan dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran seni rupa kriya/desain secara efektif, kreatif, sistematis, inovatif, komprehensif, mandiri, dan bertanggungjawab sesuai kaidah dan etika ilmiah dengan menginternalisasi nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai sosio kultural guna membentuk manusia Indonesia berkarakter.
  3. Menguasai konsep, teori, prinsip, dan prosedur ilmiah, serta terampil menganalisis dan mengelaborasi keilmuan riset guna merancang, melaksanakan, dan mengaplikasikannya dalam bentuk penelitian, pengkajian, riset penciptaan, dan artikel jurnal dengan mengacu pada nilai, norma, dan etika akademik serta menghargai pendapat atau temuan orisinil orang lain berupa karya ilmiah bidang seni/ kriya/desain.
  4. Mengaplikasikan teori dasar berkarya senirupa/ kriya/desain kreatif dan analitik untuk mengeksplorasi dan mewujudkan karya senirupa/ kriya/desain sebagai sarana komunikasi dan pertanggungjwaban ide/gagasan, serta internalisasi nilai,norma, dan etika akademik melalui pemanfaatan teknik dan media senirupa / kriya/desain secara efektif, kreatif dan etis

Buku Pegangan Matakuliah

(Struktur Kurikulum dan Deskripsi Matakuliah)

Prosedur Pendaftaran

Prosedur pendaftaran, jadwal penerimaan, dan sistem seleksi mahasiswa baru di program studi Pendidikan Seni Rupa, dilaksanakan melalui sebuah sistem seleksi secara terpusat di Universitas Negeri Malang.

Kontak

Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami

Translate »