Visi

Visi Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik pada tahun 2026 yang merupakan bagian dari rencana induk pengembangan UM 2030 adalah mengembangkan keilmuan di bidang pendidikan dan pembelajaran yang menguasai ilmu kesenian dan kependidikan seni , mampu merancang, menerapkan dalam pelaksanaanya, mengevaluasi, serta terampil membuat inovasi pembelajaran berbasis kajian studi yang sesuai dengan perkembangan IPTEKS, untuk menghasilkan lulusan yang berorientasi pada budaya lokal, serta pemerataan dan perluasan akses bagi masyarakat berdasarkan nilai-nilai Pancasila

Misi

  1. Penyelenggara pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas untuk menghasilkan sarjana kependidikan seni khususnya seni tari, seni musik, seni drama yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan masyarakat yang berbasis budaya lokal.
  2. Penyelenggara pendidikan dan pembelajaran yang menghasilkan guru profesional yang unggul di bidang pembelajaran seni yang melingkupi seni tari, seni musik, dan seni drama untuk memenuhi kebutuhan guru professional di tingkat sekolah menengah pertama, atas dan yang sederajat serta menumbuhkan jiwa wirausaha bidang seni, khususnya wirausaha bidang seni tari, musik dan drama.Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas untuk menghasilkan sarjana kependidikan seni khususnya seni tari, seni music, seni drama yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan masyarakat yang berbasis budaya lokal.
  3. Penyelenggaran endidikan dan pembelajaran yang menghasilkan guru profesional yang unggul di bidang pembelajaran seni yang melingkupi seni tari, seni musik, dan seni drama untuk memenuhi kebutuhan guru professional di tingkat sekolah menengah pertama, atas dan yang sederajat serta menumbuhkan jiwa wirausaha bidang seni, khususnya wirausaha bidang seni tari, musik dan drama.
  4. Menumbuhkan semangat, motivasi, dan partisipasi civitas akademik dalam rangka menghasilkan karya tulis ilmiah serta karya seni (tari, musik dan drama) yang berkualitas, memiliki daya saing bagi peningkatan mutu akademik serta konservasi dan pengembangan seni tradisional.
  5. Menjadi penyedia layanan bagi pengembangan dan revitalisasi seni (tradisi) di era global dengan menyajikan kurikulum kependidikan seni (tari , musik, drama),
    penelitian-penelitian serta penulisan berbagai karya ilmiah yang berbasis kearifan lokal bercirikan karakter bangsa yang dapat diakses dengan mendayagunakan teknologi modern/IT.
  6. Meningkatkan mutu, daya saing lulusan guru profesional bidang seni tari, musik, drama melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang kreatif dan inovatif.

Tujuan

Tujuan Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik dirujuk berdasarkan rekomendasi AP2SENI (Asosiasi Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik) untuk menghasilkan sarjana kependidikan, asisten peneliti dan pengelola dalam bidang seni tari, musik dan drama yang memiliki profil kompetensi:

  1. Religius dan bermoral Pancasila serta memiliki integritas kepribadian yang tinggi dan berbudi luhur serta berkarakter sesuai dengan karakter budaya bangsa Indonesia
  2. Bersikap terbuka, tenggap terhadap perubahan kemajuan IPTEK dan Seni maupun masalah-masalah yang dihadapi masyarakat khususnya yang berkaitan dengan bidang keahlian pendidikan seni tari,musik, drama
  3. Mampu menerapkan ilmu sesuai bidang keahlian tari, musik dan drama kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan kreatif dan produktif sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat pendidikan maupun masyarakat umum
  4. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan serta metodologi bidang kependidikan tari, musik dan drama sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara menyelesaikan masalah dalam ruang lingkup pendidikan seni tari, musik, drama
  5. Menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berpikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuwan dan mampu mengikuti perkembangan IPTEKS sesuai dengan bidang keahliannya
  6. Menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi bidang seni tari, musik dan drama secara profesional, berpandangan ke depan dan sadar terhadap perubahan fungsi seni pertunjukan dala\\m masyarakat.
  7. Menghasilkan karya ilmiah dan produk karya kreatif dalam bidang kependidikan seni pertunjukan dan dalam bidang ilmu seni pertunjukan yang berwawasan kewirausahaan.
  8. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang kependidikan seni pertunjukan, serta bidang industri kreatif untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera.

Target Pembelajaran

Profil Lulusan

Profil lulusan Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik dirujuk berdasarkan rekomendasi AP2SENI (Asosiasi Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik) untuk menghasilkan sarjana kependidikan, asisten peneliti dan pengelola yang menguasai tari, musik, dan drama yang terampil merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan memecahkan berbagai permasalahan dalam pembelajaran seni tari, music, dan drama pada jenjang pendidikan SMP/MTS dan SMA/SMK, serta memiliki kemampuan mengembangkan keahlian tambahan yang berbasis seni tari, music dan drama sesuai dengan perkembangan IPTEKS dalam berbagai profesi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat

Standar Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Memiliki pengetahuan dan kemampuan menampilkan perilaku sebagai warga negara yang agamis, mencintai negara, bangsa, dan budaya Indonesia berdasarkan jiwa Pancasila, serta memiliki kemandirian dalam berkarya secara inovatif, adaptif dan kritis sesuai dengan dinamika global.
  2. Memiliki nilai dan wawasan keilmuan Pendidikan dan pembelajaran secara teoritik dan aplikatif dalam bingkai budaya Indonesia, dalam perannya sebagai pendidik yang kritis, inovatif, adaptif, dan komunikatif sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik di era globalMenguasai prinsip, konsep,prosedur secara teoritis terhadap seni pertunjukan secara mandiri dan komprehensif dan memiliki kemampuan optimal untuk menginovasi dalam berbagai kancah secara kritis sesuai standar artistik berdasarkan norma agama dan etika profesi dengan memanfaatkan perkembangan pengetahuan dan teknologi sehingga dapat memberikan kontribusi bagi kehidupan.
  3. Menguasai keterampilan menerapkan konsep,teknik, prosedur dalam penyajian seni pertunjukan secara mandiri dan komprehensif, memiliki kemampuan optimal untuk menginovasi dalam berbagai bentuk penyajian secara kritis sesuai standar artistik berdasarkan norma agama dan etika profesi dengan memanfaatkan perkembangan pengetahuan dan teknologi sehingga dapat memberikan kontribusi bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  4. Menguasai konsep dan prosedur kependidikan seni jenjang SMP dan SMA dalam bidang secara mandiri sesuai dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi terkini melalui pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif berdasarkan norma agama, etika profesi dan konvensi bidang seni.
  5. Menguasai kajian teori, metode problematika sosial, dan mampu menuangkannya dalam bentuk karya tulis ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan kaidah-kaidah, publikasi secara Nasional maupun internasional.
  6. Menguasai konsep, prinsip entreprener seni pertunjukan tari, musik dan drama secara mandiri serta mampu menerapkan penyajian seni pertunjukan secara profesional dengan memanfaatkan teknologi informasi yang bertanggung jawab sesuaidengannorma agama, social dan nilai-nilai etika dan estetika.

Buku Pegangan Matakuliah

(Struktur Kurikulum dan Deskripsi Matakuliah)

Prosedur Pendaftaran

Prosedur pendaftaran, jadwal penerimaan, dan sistem seleksi mahasiswa baru di program studi Pendidikan Seni Tari dan Musik, dilaksanakan melalui sebuah sistem seleksi secara terpusat di Universitas Negeri Malang.

Kontak

Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami

Translate »