Visi

Visi ilmiah program studi Magister Keguruan Seni Rupa yang akan dicapai pada tahun 2030 sesuai dengan rencana induk pengembangan UM adalah sebagai berikut:
Mengembangkan keilmuan bidang keguruan seni rupa berbasis penelitian yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan Ipteks dengan menekankan pada inovasi pengembangan kurikulum, pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan keprofesian seni rupa untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kapabelitas keilmuan, kependidikan, dan kekaryaan seni rupa; mampu mengembangkan riset melalui pendekatan inter atau multidisipliner yang mendapat pengakuan nasional dan internasional, serta mampu menghasilkan kekaryaan seni rupa yang inovatif-kreatif dengan tetap mengakomodasi seni budaya lokal-global.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran berbasis penelitian dengan menekankan sikap kritis, reflektif, inovatif, dan terbuka terhadap perkembangan paradigmatik dalam kependidikan, dan kekaryaan seni rupa, serta adaptif terhadap perkembangan ipteks yang tetap mengakomodasi nilai-nilai seni budaya lokal-global.
  2. Melakukan penelitian di bidang kependidikan, dan kekaryaan seni rupa melalui pendekatan inter atau multidisipliner dengan tetap mengakomodasi dan mengolah potensi pluralitas seni budaya local-global sebagai modal pengkajian, dan pengkaryaan seni rupa yang dipublikasikan dalam skala nasional atau internasional, sehingga temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Melakukan upaya memecahkan masalah di masyarakat melalui kegiatan pengabdian dengan memanfaatkan hasil penelitian bidang pendidikan, kajian, dan kekaryaan seni rupa murnidan terapan yang berorientasi pada penggalian dan pengolahan seni budaya local-global dan pendayagunaan teknologi guna membantu memajukan, memberdayakan, dan menyejahterakan masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang ahli di bidang pendidikan dan pembelajaran berbasis penelitian dengan menekankan pada pengembangan sikap kritis, reflektif, inovatif,
    dan terbuka terhadap perkembangan paradigmatik bidang keilmuan, kependidikan, dan kekaryaan seni rupa, serta adaptif terhadap perkembangan ipteks dengan tetap mengakomodasi nilai-nilai seni budaya lokal-global.
  2. Menghasilkan lulusan yang ahli penelitian di bidang keilmuan, kependidikan, dan kekaryaan seni rupa melalui pendekatan inter atau multidisipliner dengan tetap mengakomodasi dan mengolah potensi pluralitas seni budaya lokal sebagai modal riset, pengkajian, dan kreasi seni rupa yang publikasi ilmiah maupun karyanya mendapat pengakuan dalam skala nasional atau internasional, sehingga temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu membantu memecahkan masalah di masyarakat melalui kegiatan pengabdian dengan memanfaatkan hasil penelitian bidang pendidikan, kajian, dan kekaryaan seni rupa dalam bentuk kegiatan kajian, seminar, workshop, pelatihan, kemitraan usaha, pendampingan dan sejenisnya dengan orientasi pada seni budaya local-global dan pendayagunaan teknologi, sehingga dapat berdampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Target Pembelajaran

Profil Lulusan

Magister Keguruan Seni Rupa yang kapabel dan profesional sebagai pendidik dan peneliti, dalam mengembangkan keilmuan seni rupa dan keilmuan pendidikan seni rupa dalam menginovasi pengembangan kurikulum, pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar, serta keprofesian pendidik seni rupa di lembaga pendidikan formal, informal maupun non-formal; serta keahlian pendukung adalah sebagai pengkarya bidang seni rupa murni dan terapan, yang kreatif-inovatif sesuai perkembangan teknologi informatika dan komunikasi melalui pendekatan inter atau multidisipliner, teruji, dan mendapat pengakuan berskala nasional atau internasional yang tetap mengakomodasi nilai-nilai seni budaya lokal-global dan berjiwa creativepreneur.

Standar Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Mampu mengembangkan perangkat asesmen pendidikan dalam berkarya seni rupa dan kajian seni rupa berdasarkan etika dan estetika.
  2. Menguasai dan mampu mengembangkan disain, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran pada bidang kependidikan seni rupa
  3. Mampu melakukan eksperimen dalam menghasilkan desain media dan model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji dibidang seni rupa
  4. Mampu mengembangkan kearifan budaya lokal ke arah global sebagai penguat sumber daya manusia (pendidik) dan jatidiri bangsa
  5. Mampu menyusun ide dan hasil pemikiran pendidikan dalam berkarya seni yang diwujudkan dalam bentuk pameran dan atau tulisan yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah berskala Nasional dan Internasional
  6. Mampu melakukan eksperimen dan mengembangkan interpreneur pendidikan kesenirupan untuk pemecahan masalah industri kreatif yang berkontribusi pada masyarakat
  7. Menguasai metode riset dalam pemetaan penelitian di bidang pembelajaran seni rupa melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner

Buku Pegangan Matakuliah

(Struktur Kurikulum dan Deskripsi Matakuliah)

Prosedur Pendaftaran

Prosedur pendaftaran, jadwal penerimaan, dan sistem seleksi mahasiswa baru di program studi Magister Keguruan Seni Rupa, dilaksanakan melalui sebuah sistem seleksi secara terpusat di Universitas Negeri Malang.

Kontak

Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan hubungi kami

Translate »