Tari Rodat Syi’iran Turut Memeriahkan Acara Sarasehan Wakil Rektor III Se Indonesia

Program studi Pendidikan Seni Tari dan Musik kembali meramaikan MTQ Mahasiswa Nasional 2017 yang diadakan di Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya. Pada kesempatan ini Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik menyajikan tari Rodat Syi’iran yang dibawakan oleh 15 mahasiswi. Para mahasiswi tampil dengan penuh percaya diri menunjukkan kelihaian mereka pada acara “Sarasehan Wakil Rektor III seluruh Indonesia”. Acarasarasehan ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka MTQ Mahasiswa Nasional 2017

Tari Rodat Siiran adalah tari kreasi yang berasal dari Banyuwangi. Tarian ini bersumber dari kesenian rodat yang sudah ada sejak lama di Banyuwangi. Tari Rodat Syi’iran menggambarkan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan. Tari yang banyak didominasi dengan level tinggi dan sedang ini mempunyai gerakan ringan dan lincah serta menggunakan iringan berupa musik vokal dan instrumen. Syair vokal merupakan nasehat kepada manusia agar berlomba-lomba mengamalkan ilmu agama sedangkan kostum penari menggunakan busana yang menutup aurat.

Penampilan tari Rodat Syi’iran yang sukses dibawakan oleh mahasiswi Program Studi Seni Tari dan Musik ini tidak lepas dari bimbingan dosen Tri Wahyuningtyas, S.pd,. M.si dan Hartono, S.Sn., M.Sn. Selanjutnya Program Studi Pendidikan Tari dan Musik akan tampil kembali pada penutupan MTQ Mahasiswa Nasional 2017 hari kamis besok.

Translate »