Workshop Musik Tradisional Banyuwangi Prodi.Pendidikan Seni Tari dan Musik

Pada tanggal 14 November 2017 yang lalu Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik, Jurusan Seni dan Desain, Universitas Negeri Malang, menyelenggarakan workshop musik tradisional Banyuwangi di aula AVA Fakultas Sastra. Workshop tersebut mengundang dua orang narasumber dari Banyuwangi yaitu Drs. Sayun Sisiyanto, M.Pd seorang guru seni di SMP N 1 Srono, Rogojampi sekaligus seorang penggiat seni musik tradisional Banyuwangi dan narasumber kedua ialah Triyono Adie seorang musisi lokal Banyuwangi. Workshop ini diselenggarakan untuk menambah pemahaman dan keterampilan dalam memainkan musik tradisional Banyuwangi bagi mahasiswa dan guru-guru seni budaya se-Malang Raya

Acara pagi itu dibuka dengan sajian pertunjukan tari Gandrung oleh mahasiswa PSTM konsentrasi tari dengan diiringi gamelan yang dimainkan oleh mahasiswa PSTM konsentrasi musik. Gamelan dipukul bertalu-talu dengan tempo cepat seiring masuknya penari ke area panggung. Kelincahan gerak penari berpadu dengan permainan gamelan dengan dinamika yang fluktuatif khas Banyuwangi menjadikan sajian pertunjukan pagi itu sangat memukau. Pertunjukan berlangsung meriah dan lancar dan diakhiri dengan tepuk tangan riuh dari seluruh peserta workshop.

Sambutan ketua pelaksana workshop oleh Bapak Hartono S.Sn, M.Sn segera dilakukan setelah pertunjukan pembuka usai, dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd dan pembukaan acara oleh Ketua Jurusan Seni dan Desain Dr. Hariyanto, M.Hum. Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan ramahtamah dan acara inti yaitu pelaksanaan workshop.

Workshop dilaksanakan dengan lancar oleh kedua narasumber. Interaksi nara sumber dan peserta workshop terlihat cukup intens. Setelah narasumber memberikan materi selanjutnya para peserta workshop diberi kesempatan untuk mencoba memainkan gamelan Banyuwangi. Para mahasiswa sangat antusias mengikuti arahan Drs. Sayun Sisiyanto. Kesempatan mencoba juga diberikan kepada para guru seni yang menjadi peserta workshop. Walaupun pada awalnya mencoba dengan sedikit malu-malu tetapi akhirnya dapat bermain dengan baik dan berbaur dengan para mahasiswa. Acara workshop diakhiri pukul 16.30 dan menjadi pengalaman berharga bagi seluruh civitas akademi.

Translate »