ABSTRAK
Rianto, Nova. 2015. Perancangan Animasi 3D Kisah Punokawan Tentang Kejujuran dan Budi Pekerti. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I). Drs. Triyono Widodo, M.Sn (II). Gunawan Susilo, S.Sn, M.Sn
Kata Kunci: perancangan, film animasi 3D, punokawan, kejujuran, budi pekerti.
Dikalangan masyarakat Jawa, wayang merupakan pertunjukan seni yang begitu populer, dengan berbagai lakon/cerita. Banyak segi positif yang bisa diambil dalam kegiatan pertunjukannya sendiri, seperti sebagai wadah interaksi antar masyarakat, memberikan sebuah ruang bersosialisasi untuk menjalin silaturahmi sekaligus media pembelajaran moral, seni, religi, budi pekerti dan masih banyak aspek-aspek positif lainnya. Namun sangat disayangkan, seiring berjalannya waktu tokoh-tokoh tersebut mulai dilupakan oleh anak-anak generasi sekarang. Kebanyakan anak-anak sekarang lebih mengetahui dan menyukai tokoh-tokoh kartun dari luar negeri, yang terkadang tidak sesuai dengan norma dan budaya bangsa. Oleh karena itu dibutuhkan rancangan berupa film animasi 3D yang mengisahkan tokoh punokawan dengan tujuan dapat melestarikan kembali kebudayaan asli bangsa Indonesia. Dengan mengangkat tema moral, budi pekerti dan kejujuran, diharapkan akan ada dampak positif yang diperoleh target audience yaitu anak SD usia 7-12 tahun.
Perancangan film animasi 3D kisah punokawan tentang kejujuran dan budi pekerti ini menggunakan model perancangan prosedural, yaitu model perancangan yang bersifat deskriptif, menggambarkan langkah-langkah yang sistematis, terstruktur, berurutan dan logis. Sistematika perancangan yang digunakan adalah model pipeline animasi 3D Isaac Kerlow. Dengan pembagian sistem kerja yang terdiri dari pra-produksi, produksi dan paska-produksi.
Hasil perancangan adalah media utama berupa film animasi berdurasi 10 menit dengan media pendukung berupa elemen visual yang berfungsi untuk menarik minat audiens ketika film animasi disebarluaskan. Seperti pada saat pameran sehingga akan lebih menunjang media utama untuk dipromosikan secara luas. Diharapkan nantinya film animasi 3D kisah punokawan tentang kejujuran dan budi pekerti ini dapat menjadi salah satu media yang dapat meningkatkan penerapan bersikap jujur dan budi pekerti pada anak usia sekolah dasar, sekaligus sebagai media pengenalan tokoh wayang yaitu punokawan.
ABSTRACT
Rianto, Nova. 2015. Design 3D Animation Story of Punokawan About Honesty and morality. Thesis, Department of Art and Design University of Malang. Advisors: (I). Drs. Triyono Widodo, M.Sn (II). Gunawan Susilo, S.Sn, M.Sn
Keywords: design, 3D animation film, Punokawan, honesty, manners.
Among the Javanese, wayang kulit it’s an art show that very popular, with various story. Many positive aspects that can be taken in the activities of the show itself, such as a forum for interaction between the public, providing a social space to establish a relationship at the same time learning morals, art, religion, manners and many other positive aspects. But unfortunately, as time goes by these figures began to be forgotten by the children of the current generation. Most children are now more aware and like cartoon figures from abroad, which sometimes does not conform to the norms and culture of the nation. Therefore, the design takes the form of a 3D animation film which tells the punokawan figures with the aim to preserve back the native culture of Indonesia. With the theme of morals, manners and honesty, it is expected there will be a positive impact gained to target audience which is elementary school children with age 7-12 years.
Design 3D animation story of punokawan about honesty and morality is using procedural design model, which is planning model that is descriptive, describing the steps of a systematic, structured, sequential and logical. Systematic design used is a model 3D animation pipeline Isaac Kerlow. With the division of labor system consisting of pre-production, production and post-production.
Results of the design is the main media in the form of 10-minute animated film with a supporting media such as visual elements that serve to attract an audience when the animated film is distributed. Such as during the exhibition that will further support the primary media for widely promoted. Expected later 3D animation movie punokawan story about honesty and morality can be one medium that can improve the application of honesty and morality in children of primary school age, as well as a media introduction to the wayang kulit characters which is punokawan.