Kelas dan Laboratorium

Laboratorium Keramik
Laboratorium Keramik digunakan untuk proses pembelajaran dan riset bagi mahasiswa prodi PSR di bidang penciptaan karya keramik dan pembelajaran berbasis seni keramik yang dilengkapi dengan peralatan berupa alat putar keramik manual dan elektrik.

Laboratorium Grafis dan Lukis
Laboratorium Grafis dan Lukis digunakan untuk proses pembelajaran dan riset bagi mahasiswa prodi PSR di bidang penciptaan karya grafis dan lukis dan pembelajaran berbasis seni grafis dan lukis yang dilengkapi dengan peralatan berupa sketsel lukis dan meja grafis. Terdapat enam mesin press berukuran sedang yang menyokong pembelajaran grafis dan easel yang dapat dipinjam di gudang laboratorium. Easel yang tersedia berjumlah X.

Laboratorium Kriya
Laboratorium Kriya digunakan untuk proses pembelajaran dan riset bagi mahasiswa prodi PSR di bidang penciptaan karya kriya dan pembelajaran berbasis seni kriya yang dilengkapi dengan peralatan berupa mesin gerinda, pemotong kayu dan mesin (logam). Penggunaan mesin di dalam laboratorium kriya harus dalam pengawasan laboran.

Laboratorium Batik
Laboratorium Batik digunakan untuk proses pembelajaran dan riset bagi mahasiswa prodi PSR di bidang penciptaan karya Batik dan pembelajaran berbasis seni Batik yang dilengkapi dengan peralatan pembuatan batik berupa canting, kompor dan bahan pewarna batik. Kompor yang tersedia di laboratorium batik berjumlah XX, penggunaannya juga harus dalam pengawasan laboran dan dosen pengampu.

Laboratorium Patung
Laboratorium Kriya digunakan untuk proses pembelajaran dan riset bagi mahasiswa prodi PSR di bidang penciptaan karya Patung dan pembelajaran berbasis seni Patung yang dilengkapi dengan peralatan berupa meja kerja.

Laboratorium Gambar
Laboratorium Gambar digunakan untuk proses pembelajaran dasar menggambar bagi seluruh mahasiswa semester awal prodi cluster arts yang dilengkapi dengan peralatan berupa meja gambar.

Laboratorium Reprografika
Laboratorium Reprografika digunakan untuk proses pembelajaran reprografika bagi mahasiswa prodi DKV yang dilengkapi dengan beberapa jenis mesin cetak.

Laboratorium Fotografi
Laboratorium Fotografi digunakan untuk proses pembelajaran fotografi bagi mahasiswa prodi DKV dan PSR yang dilengkapi dengan peralatan penunjang berupa kamera digital dan sistem pencahayaan.

Laboratorium Media Rekam
Laboratorium Media Rekam digunakan untuk proses pembelajaran videografi dan audio visual bagi mahasiswa prodi DKV dan PSR yang dilengkapi dengan peralatan penunjang berupa kamera video dan peralatan perekaman audio visual.

Laboratorium Komputer
Laboratorium Komputer digunakan untuk proses pembelajaran komputer grafis dan digital imaging bagi mahasiswa prodi DKV, PSTM dan PSR yang dilengkapi dengan peralatan penunjang berupa PC yang dilengkapi dengan perangkat lunak (Microsoft 365 dan Adobe) berlisensi. Jumlah komputer di Laboratorium adalah 30 unit dengan sistem operasi dari Windows 10 lisensi Universitas Negeri Malang. Laboratorium Komputer berada di gedung D7 dengan jumlah 3 laboratorium.

Laboratorium Microteaching
Laboratorium Microteaching digunakan untuk proses pembelajaran dan riset bagi mahasiswa prodi PSR, PSTM dan KSR terkait metode belajar pembelajaran.

Laboratorium Tari
Laboratorium Tari digunakan untuk proses pembelajaran dan riset bagi mahasiswa prodi PSTM di bidang penciptaan karya Tari dan pembelajaran berbasis seni Tari yang dilengkapi dengan peralatan audio untuk memutar musik iringan tari

Laboratorium Musik
Laboratorium Musik digunakan untuk proses pembelajaran dan riset bagi mahasiswa prodi PSTM di bidang penciptaan karya Musik dan pembelajaran berbasis seni Musik. Terdiri dari 2 ruangan yaitu ruang musik gamelan yang berisi satu set alat musik gamelan dan ruang musik yang berisi satu set alat musik klasik dan modern.

MIni Theater
Mini theater dapat digunakan semua mahasiswa di CLuster Arts untuk pembelajaran audio visual terutama untuk kegiatan apresiasi karya seni dan desain yang dilengkapi layar ukuran besar dan sistem audio.

Amphitheater
Amphitheatre dapat digunakan semua mahasiswa di Cluster Arts untuk kegiatan pertunjukan seni dan pameran karya yang dilengkapi dengan ruang ganti dan panggung pertunjukan beserta sistem audio dan pencahayaan.

Perlengkapan Tambahan

  • Banyaknya alat berat dan berbahaya, gedung D18 tempat berbagai laboratorium praktek seni juga dilengkapi dengan adanya fire extinguisher dua (2) unit setiap lantai serta emergency kit dengan jumlah yang sama di setiap lantainya. 
  • Setiap laboratorium dilengkapi dengan CCTV yang berpusat di kantor laboran dan Kepala Laboratorium. 

Perpustakaan

Layanan penyediaan literatur untuk menyokong pembelajaran di Jurusan Seni dan Desain, dikelola oleh Perpustakaan Pusat, Perpustakaan Fakultas, Perpustakaan Pascasarjana dan perpustakaan lembaga yang terintegrasi dalam sistem perpustakaan UM. Seluruh koleksi perpustakaan baik pusat hingga lembaga dapat diperiksa ketersediaan dan diakses lokasi koleksinya melalui portal :  https://sipadu.um.ac.id/

Fasilitas yang tersedia diantaranya :

  • Layanan bahan elektronik/ digital terdiri dari teks elektronis (e-text), buku elektronis (e-book), dan jurnal elektronik (e-journal), layanan penerbitan non komersial berupa buku yang berasal dari tugas perkuliahan, dan tugas akhir
  • Layanan penerbitan non komersial berupa buku yang berasal dari tugas perkuliahan dan tugas akhir
  • Layanan kajian, sosialisasi, habituasi, konsultasi, klinik, dan acara literasi pada satuan pendidikan, area Wifi, internet gratis, colokan dan aliran listrik, fotokopi, ruang baca, ruang seminar, ruang diskusi, ruang kelas, kafe pustaka, dan ruang pameran. Tersedia juga kafe di lingkungan perpustakaan yang menjadi salah satu tempat belajar publik bagi civitas akademik UM.

Sarana Prasarana Fakultas dan Universitas

Sarana Prasarana Fakultas Sastra

Sarana Akademik UM

Sarana Umum UM

Translate »