Kata Kunci: aktivitas dan hasil, ragam hias, tekstil, TPS, SMP

 

Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh hasil belajar siswa belum maksimal dibawah KKM. Hal ini disebabkan karena siswa dalam berkarya belum memiliki motivasi, sebab guru hanya mengajar menggunakan metode ceramah. Dengan metode ini aktivitas belajar siswa kurang maksimal. Sementara itu tipe pembelajaran TPS memiliki aktivitas belajar yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar perserta didik. Oleh sebab itu, pembelajaran tipe Think Pair Share dalam penerapan Ragam Hias pada Media Tekstil diharapkan dapat dijadikan solusi untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan ragam hias pada media tekstil melalui model Think Pair Share diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Dampit.

Pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan 2 siklus yang meliputi lima tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Data aktivitas diperoleh dari pengisian lembar observasi aktivitas siswa dan analisis data, dan data hasil belajar diperoleh dari nilai hasil karya dan pengisian LKPD siswa pada siklus I dan siklus II.

Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan melalui penerapan model TPS (Think Pair Share). Persentase aktivitas dan taraf keberhasilan tindakan meningkat dari 63,5% (cukup) pada siklus I menjadi 71,3% (baik) pada siklus II, dan terjadi peningkatan sebesar 7,8%. Penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar Seni Rupa peserta didik SMP Negeri 1 Dampit kelas VII B sebesar 33,3% dari siklus I ke siklus II. Namun demikian masih belum dapat memenuhi KKM.

Atas dasar hasil penelitian tersebut guru agar lebih selektif dalam memilih metode pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, sehingga diperoleh hasil yang lebih baik lagi sesuai tujuan..

 

 

ABSTRCT

 

Jarwati. 2015. Increased Learning Results and Activity of Application Ornamental Drawing on Textile Material Using TPS Method in Class VII B 1st State Junior High School of Dampit. Skripsi, Department of Art and Design, Faculty of Letters, State University of Malang, Advisor: Dra. Tjitjik Sriwardhani, M.Pd

 

Key Word: learning activity, learning results, ornamental art, textile, CAR, SMP

 

Based on early observation, student learning outcomes is still under KKM. This is because of using speech learning method that made student less in motivation. Using speech learning method, student, also have less in activity. Therefore, implementation of Think Pair Share learning method can be a solution of increasing learning results and activity of student on application Ornamental Drawing on Textile Material

This study aimed to describe application ornamental drawing on textile material through Think Pair Share method can increase result and activity of student learning in Class VII B 1st State Junior High School            of Dampit.

Implementation of classroom action research (CAR) with the design on the model cycle which includes five stages: (1) Planning, (2) Implementation of action, (3) observation and (4) reflection. Data collection technique using observation sheets and test. Learning activity frequency data derived from observation sheets and data analysis, and outcomes data derived from the value of art product and student test (LKPD).

Based on data analysis we concluded that the learning results and activity of students has increased through implementation TPS (Think Pair Share) Method. Presented of activity and learning outcomes level increased from 63,5% (standard) in first cycle up to 71,3% (good) in second cycle, increase 7,8%. Implementations of cooperative learning TPS method able to increase learning outcomes of student 1st State Junior High School of Dampit at Class VII B 33.3% from first cycle to second cycle. However still not comply with KKM

Based on thus  research conclusion, teacher must be selective for choosing valid learning method, then increase learning activity and outcomes.