ABSTRAK
Angelina, Ossyola P. 2014. Perancangan Media Komunikasi Visual sebagai Promosi Produk
Makanan “Ponyo Japanese Cuisine”. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual,
Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang.
Pembimbing: (I) Drs. Sarjono, M.Sn, (II) Andi Pramono, S.Kom, MT.
Kata Kunci: perancangan, promosi, Ponyo Japanese Cuisine

Ponyo Japanese Cuisine merupakan usaha kecil rumahan yang didirikan tiga tahun lalu.
Barang yang dijual adalah jenis makanan berat dengan rasa khas Jepang. Barang-ba52rang dijual
melalui event yang diadakan oleh event organizer di Sekolah Menengah Atas maupun Perguruan
Tinggi di Malang.
Promosi merupakan hal yang sangat dibutuhkan setiap perusahaan untuk memajukan
usahanya. Promosi merupakan salah satu unsur atau variabel dalam marketing mix yang
bertujuan untuk memperkenalkan, mengingatkan, membujuk serta memberitahukan konsumen
mengenai suatu produk atau barang maupun jasa yang ditawarkan.
Model perancangan yang digunakan adalah model prosedural yang dikembangkan
berdasarkan kebutuhan akan perancangan ini, yaitu diawali dengan mengumpulkan data-data
melalui observasi dan wawancara pada target audience dan target market, menganalisa data-data
yang sudah terkumpul serta solusi pemecahan masalahnya. Tahap selanjutnya membuat konsep
perancangan yang terdiri atas booth dan media pendukung lainnya untuk mendukung proses
promosi produk, kemudian mulai pada tahap proses perancangan dan yang terakhir
menghasilkan desain final yang mampu menjawab permasalahan.
Perancangan ini bertujuan untuk menghasilkan media komunikasi visual yang bertujuan
untuk mempromosikan produk dari Ponyo Japanese Cuisine dengan cara mendapatkan tempat di
benak konsumennya atau dengan kata lain positioning.
ABSTRACT
Angelina, Ossyola P. 2014. Designing Visual Communication media as a Promotion of “Ponyo
Japanese Cuisine” Products. Thesis, Visual Communication Design Program,
Department of Art and Design, Faculty of Letters. State University of Malang.
Supervisors: (I) Drs. Sarjono, M.Sn, (II) Andi Pramono, S.Kom, MT.
Keywords: perancangan, promosi, Ponyo Japanese Cuisine
Ponyo Japanese Cuisine is a home industry that built three years ago. Ponyo Japanese
Cuisine sells Japanese food. They usually join events that held by an event organizer. The events
usually takes place in Senior High School and Campus in Malang.
Promotion is a major thing for every company and industry to progress their business.
Promotion is an variable in a marketing mix that has the purpose to introduce, remind,
persuade, and give information to the consumers about a products.
Procedural methods used as the design method which developed based on the needs of
this design. First, data gathering by observation and interview with target audience and target
market. Second, analyze collected data and than find the problem solve and solutions. The next
phase is creating concept of the main media which is booth and then designing another media
that support the main media. Then the last step is making the final product to answer the
problem that the industry have.
This design’s purpose is to attract consumer to buy and by that make the product has
position in the mind of consumer. In other words this design is focusing to the positioning of the
product.