Rino Adi Mahardika P.A.
Universitas Negeri Malang
E-mail:rino_adiwhite@yahoo.com
ABSTRAK: Perkembangan industri kreatif yang semakin pesat, juga berpengaruh pada perkembangan media industri mobile game. Cara mengatasi persaingan global di dunia mobile game, produk kreatif dari Indonesia harus mampu mengeksplorasi kekayaan budayanya dengan cara yang unik, menarik serta sesuai dengan perkembangan zaman yang ada. Perancangan produk mobile game yang dibuat ini bertujuan bukan hanya sebagai media hiburan, tetapi juga sebagai penanggulangan persaingan global tersebut dengan menciptakan produk yang berjudul “Ghost Battle”. Metode perancangan yang dipakai adalah model perancangan prosedural yang bersifat deskriptif. Perancangan ini dimulai dari mengumpulkan data, berdasarkan kajian teori dan perencanaan kreatif, identifikasi dan analisis data, sintesis, konsep perancangan media dan perencanaan kreatif, proses perancangan produksi hingga desain final. Produk yang disajikan adalah berupa konsep desain karakter dan layout untuk mobile game “Ghost Battle” berdasarkan tema makhluk astral/magis dari Indonesia dengan style ilustrasi kartun 2D, juga termasuk background dan elemen-elemen tombol unik yang akan dipakai dalam aplikasi mobile game tersebut. Diharapkan dengan adanya produk mobile game bertema dan berkonsep cerita Indonesia akan mampu menimbulkan ketertarikan masyarakat kepada produk mobile game dalam negeri.
Kata Kunci: Perancangan, Desain Karakter, Layout, Mobile Game, Ghost Battle, Pertarungan Hantu.