Fitri Anwar
Drs. Sarjono, M.Sn.
Andreas Syah Pahlevi, S.Sn., M.Sn.
Universitas Negeri Malang
E-mail: anwarfi.jn@gmail.com.
ABSTRAK: Popular Culture merupakan soft power yang mampu memengaruhi budaya sebuah negara. Roh Garuda adalah produk intelectual property (ip) yang terinsipasi dari lambang Garuda Pancasila dan mengangkat nilai-nilai luhur yang ada di dalamnya, disertai cerita yang berbasis budaya lokal. Maka dari itu, Roh Garuda merupakan solusi dari banyaknya budaya luar yang masuk ke Indonesia.
Manfaat perancangan penelitian ini dibedakan menjadi dua, yakni: (1) mengatasi masalah penerapan karakter Bhi, Nekka, Tongga, Leika, dan Esa pada merchandise sebagai representasi ip Roh Garuda, (2) memperkaya informasi dan kajian pustaka bagi penulis, kepustakaan jurusan, serta bagi generasi-generasi selanjutnya tentang perancangan merchandise pada karakter ip.
Model perancangan penelitian ini menggunakan model perancangan yang dikemukakan oleh Sadijman. Model perancangan tersebut dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan perancangan merchandise karakter ip Roh Garuda. Secara umum, setelah dirumuskannya latar belakang masalah, diturunkan pada kajian data perancangan yang dibagi menjadi dua yakni data pustaka dan data lapangan. Dari data tersebut dianalisis dan disintesis yang dirumuskan menjadi data perancangan. Setelah itu, dilanjutkan dengan konsep perancangan. Dari perancangan divisualisasikan, lalu diekseskusi untuk menjadi produk perancangan.
Media merchandise yang dirancang berupa action figure karakter, boneka gantungan, T-shirt, dan block note. Dari setiap media merchandise yang dirancang menggunakan ilustrasi dari masing-masing karakter Roh Garuda, pembuatan ilustrasi karakter berpedoman pada art book Roh Garuda.
Media merchandise action figure berbahan kayu dengan tinggi 9cm, dan lebar menyesuaikan masing-masing karakter. Boneka gantungan hanya menggunakan kepala dari masing-masing karakter, berbahan kain dengan diameter 6cm. T-shirt menggunakan ukuran M, L, dan XL dengan ilustrasi semua karakter Roh Garuda di bagian depan. Block note menggunkan hvs berukuran a5 dengan ilustrasi semua karakter pada bagian depan dan logo pada bagian belakang. Tujuan perancangan ini adalah untuk menghasilkan media yang dapat merepresentasikan ip Roh Garuda, agar penggemar atau konsumen dapat memiliki bentuk fisik dari ip tersebut. Fungsi dari merchandise ini agar karakter Roh Garuda lebih mudah dikenal dan dicintai oleh masyarakat.
Kata kunci : Perancangan, Merchandise, Intelectual Property, Roh Garuda.