Hak Cipta Nampan

 

Nampan Kayu Cukli

 

Deskripsi Produk

 

Nampan kayu saat ini tidak lagi berfungsi sebagai alat untuk menyajikan makanan dan minuman atau meletakkan peralatan makan, tetapi juga sebagai aksesoris ruang. Fungsinya tidak hanya sebagai peralatan tetapi juga sebagai penghias ruangan. Nampan disebut juga tray, serving board, atau wooden log coaster saat ini lebih banyak digunakan sebagai aksesoris ruangan seperti tempat lilin, koran, remote televisi, atau saus makanan. Contoh penggunaan sebagai aksesori ruangan misalnya pada kafe atau hotel, dimana nampan kayu selain sebagai tempat makanan dan minuman, juga digunakan sebagai wadah handuk bersih. Fungsi seperti ini dimanfaatkan untuk mempercantik penyajian ruang secara visual.

Nampan dalam fungsinya yang serba guna atau multifungsi saat ini tidak hanya terbuat dari material kayu, tetapi juga dipadukan dengan material lain sehingga menarik untuk dipajang sebagai aksesoris ruangan. Salah satu material lain yang dapat dikombinasikan dengan material kayu adalah cukli.

Cukli adalah kerajinan tangan yang terbuat dari bahan kayu dan kulit kerang mutiara yang di potong kecil-kecil. Nama cukli berasal dari nama kerang yang di datangkan dari luar daerah seperti Sulawesi, Flores, atau bahkan dari Jawa. Bentuknya bermacam-macam mulai dari alat rumah tangga hingga hiasan dinding. Pecahan kulit kerang mutiara yang disusun membentuk motif dan di tempelkan di kayu itu adalah ciri khas dari kerajinan cukli. Istillah kerajinan cukli adalah proses melubangi atau mencongkel sedikit permukaan kayu untuk memasukkan kulit kerang yang dibentuk, sesuai dengan gaya ornamen yang diinginkan. Potongan kerang dimasukkan pada lubang yang telah diberi lem dan diratakan dengan menggunakan palu. Bentuk kerajinan cukli, berkembang di era seni modern yang ide kreatifnya menekankan pada bentuk kuno atau antik, yang bertema primitif tanpa memiliki nilai sakral, hanya sebagai seni profan (penghias dekoratif), yang menunjang kebutuhan dan kepuasan dan gaya hidup masyarakat modern. Fungsi profan berfungsi sebagai penghias yang dihiasi dengan elemen-elemen tertentu sehingga berkesan lebih menonjol melalui ornamen yang diaplikasikan, dengan bermacam-macam elemen dekorasi yang tidak bersangkut paut dengan kebutuhan-kebutuhan yang bersifat sakral.

 

Cukli dipasang ke bahan kayu aksesoris interior dengan teknik mozaik. Mozaik adalah suatu teknik menghias permukaan dengan komponen penyusunnya seperti kepingan-ke pingan kecil kaca, batu-batu, keramik, kulit mutiara, terra-cotta, porselin dan material lainnya dengan warna-warni yang bervariasi. Seni mozaik telah ada sejak ratusan tahun yang lalu, karena rumitnya proses pembuatan, maka tak aneh jika hasil karya seni ini harganya pun tidak murah. seni mozaik memiliki keunikan tersendiri, dan termasuk karya seni yang bernilai tinggi.

Tujuan dibuatnya produk nampan kayu cukli ini secara umum adalah untuk menghias dan membedakan produk nampan cukli dengan produk nampan kayu lainnya. Selain itu, untuk menambah nilai guna sebuah nampan kayu. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, nampan kayu cukli tidak hanya berfungsi sebagai tempat meletakkan makanan dan minuman, tetapi juga meletakkan benda lain seperti lilin, handuk bersih, koran, dan remote televisi. Selain itu, nampan kayu juga dapat berfungsi sebagai aksesoris untuk mempercantik ruangan. Nampan cukli menjadi memiliki banyak fungsi atau multifungsi.

Kelebihan nampan cukli selain pada fungsinya, juga pada daya tahan dan keamanan penggunaannya. Karena tebuat dari material kayu dan kerang cukli ditanam ke dalam kayu serta melalui proses grinding sampai permukaannya halus, nampan ini dapat digunakan dalam wakyu lama dan tidak mudah rusak. Kerang cukli juga tidak mudah terlepas dari nampan kayu. Selain itu, karena proses finishing yang tidak menggunakan bahan dan pewarna kimia, nampan kayu ini juga aman untuk digunakan sebagai tempat meletakkan makanan dan minuman.

id_IDID