KULIAH KRITIK DESAIN DI PUSAT PUSAT DESAIN PULAU DEWATA

Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Konsentrasi Desain mata kuliah kritik desain yang dibimbing oleh Lisa Sidyawati, mengadakan kunjungan kritik desain di Bali. Mata kuliah Kritik Desain ini memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa agar mampu menemukan nilai-nilai desain tradisi, desain modern, dan desain kontemporer secara kreatif dan mandiri. Berkaitan dengan tujuan capaian kompetensi dalam mata kuliah tersebut, sebagai upaya untuk menambah pengetahuan mahasiswa dan membawa mahasiswa untuk dapat membuat tulisan kritik desain yaitu dengan cara melihat objek karya desain secara nyata di lapangan serta bertemu dengan desainer karya desain.

Kunjungan Kritik Desain ini mendatangi beberapa pusat dan koleksi desain baik tradisional, modern dan kontemporer di Bali. Sentra-sentra desain itu antara lain: Bali Creative Center Industry (BCIC), Joger, Museum Bali dan UC Silver. Pusat desain tersebut dipilih sebagai tujuan untuk kunjungan Kritik Desain dikarenakan relevan dengan ilmu yang dipelajari mahasiswa dan pusat desain tersebut adalah pusat desain besar yang memberikan banyak kontribusi dalam perkembangan seni, budaya dan kepariwisataan yang menjadi andalan utama Pulau Bali selain itu mahasiswa dapat menggali informasi dengan mudah dan bisa berdialog dengan desainer.

Bali Creative Center Industry (BCIC) adalah Pusat Pengembangan Industri Kreatif dan Inovasi Unggulan untuk meningkatkan daya saing Bangsa sebagai pendorong kesejahteraan masyarakat. Membangun Ekosistem Industri Kreatif. Tempat ini merupakan tempat pengembangkan Riset Teknologi, Desain, Seni, Budaya dan Inovasi Industri Kreatif Nasional, pembangunan Kapasitas SDM dan Komunitas Kreatif yang unggul dan lebih berdaya saing dan Memfasilitasi Promosi dan Pemasaran Produk Industri Kreatif Nasional. BCIC didirikan oleh Kementerian Perindustrian untuk mendorong pertumbuhan industri fesyen dan kerajinan dengan menyediakan sarana pendidikan dan pengembangan. Di BCIC mahasiswa diberikan materi mengenai pembuatan film animasi dan proses kreatif pembuatan desain produk kerajinan baik untuk fesyen, furniture dll. Selain itu mahasiswa dapat wawancara langsung dengan desainer desainer muda di ruang inkubasi desain dimana disana terdapat bengkel peralatan untuk pembuatan Mock Up, Model dan Prototype desain, mahasiswa juga berkunjung di showroom (Area Ceramic, Jewelry, Fashion dan Craft).

Di Joger “Pabrik Kata Kata” mahasiswa bertemu langsung dengan owner Joger yaitu Mr Joger yang memberikan workshop mengenai proses kreatif pembuatan kata kata dan desain yang dimiliki Joger. Mahasiswa juga dapat melihat  prodok Joger yang di jual oleh toko ini seperti kaos dan souvenir – souvenir lainnya terdapata  kata – kata yang unik khas Joger.

Di Museum Bali mahasiswa dapat melihat  peningggalan masa lampau manusia dan etnografi. Koleksi museum terdiri dari benda-benda etnografi antara lain peralatan dan perlengkapan hidup, kesenian, keagamaan, bahasa tulisan dan lain-lainnya yang mencerminkan kehidupan dan perkembangan kebudayaan Bali. Mahasiswa diberikan pengetahuan oleh pengurus museum dan mendapatkan buku-buku pegangan menganai informasi benda-benda peninggalan yang ada. Mahasiswa mengelilingi empat paviliun di kompleks museum. Di paviliun Tabanan terdapat koleksi-koleksi yang ditampilkan adalah peralatan tari seperti kostum tari, semua jenis topeng untuk tarian topeng, wayang kulit, keris (pedang tradisional Bali) untuk tari Calonarang, dan juga beberapa patung kuno. Di paviliun Buleleng terdapat koleksi pakaian Bali termasuk kipas tradisional Bali. Paviliun terakhir, yang terletak di pintu masuk utama di mana anda akan melihat kulkul yang tinggi menjulang (peralatan tradisional untuk mengumpulkan penduduk), serta berbagai koleksi prasejarah lainnya. Mahasiswa dapat melihat peralatan yang digunakan oleh manusia selama masa berburu dan bercocok taman, periode budidaya, dan periode metalik. Sedangkan lantai atas paviliun ini menampilkan koleksi seni rupa Bali.

Di UC Silver mahasiswa dapat melihat proses dan langkah-langkah pembuatan perak mulai dari desain sampai finishing. selain itu mahasiswa juga dapat meilihat koleksi perak yang dijual di  showroom UC Silver mulai dari harga jutaan sampai ratusan juta.

 

 

 

 

Translate »