Perancangan Corporate Identity “Gadhe Cinderamata” Tulungagung untuk Meningkatkan Citra Merek

ABSTRAK
Abrianto, Jefry Novian 2014. Perancangan Corporate Identity “Gadhe
Cinderamata” Tulungagung untuk Meningkatkan Citra Merek. Jurusan Seni dan
Desain. Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual. Fakultas Sastra. Universitas
Negeri Malang. Pembimbing I: Drs. Pujiyanto, M.Sn. Pembimbing II:
Mohammad Sigit, S.Sn
Kata kunci: Corporate Identity, Kaos, Citra Merek.
Dunia fashion di Indonesia saat ini semakin berkembang, karena tingkat
perekonomian yang semakin membaik, hingga sektor ritel yang telah berkembang
pesat. Di Indonesia banyak bermunculan merek kaos unik yang bertema budaya
lokal. Di setiap kota besar di Indonesia banyak terdapat merek kaos khas masingmasing
kota yang secara tidak langsung menjadi identitas atau ikon atau ciri khas
dari kota tersebut. Tulungagung yang merupakan kota di wilayah selatan Jawa
Timur juga memiliki merek kaos khas yang mengangkat lokalitas, yaitu “Gadhe”.
“Gadhe” adalah satu-satunya merek kaos bertema pariwisata, sejarah dan budaya
di Tulungagung. Konsumen “Gadhe” datang dari dalam dan luar kota Tulungagung,
antara lain Surabaya, Bali, Sumenep, Malang, Kediri dan Jogja. “Gadhe” berpotensi
untuk berkembang lebih baik lagi, baik kualitas produk mapun wilayah penjualan
produk. Untuk mengembangkan “Gadhe” diperlukan pembangunan citra merek
yang baik di benak masyarakat, karena citra merek merupakan unsur penting bagi
perusahaan untuk menciptakan daya ingat dan positioning merek “Gadhe” di benak
masyarakat. Meninjau dari masalah tersebut, “Gadhe” membutuhkan rancangan
corporate identity untuk membangun dan meningkatkan citra merek yang lebih
baik di benak masyarakat.
Berdasarkan uraian di atas penulis mengangkat permasalahan sebagai
berikut: (1) Bagaimana konsep dan rancangan corporate identity “Gadhe” yang
tepat untuk meningkatkan Citra Merek. Tujuan dan manfaat perancangan: (1)
Menghasilkan konsep dan rancangan corporate identity “Gadhe” yang tepat untuk
meningkatkan Citra Merek. Penulis melakukan beberapa tahap dalam menyusun
metode perancangan, yaitu melalui proses latar belakang, masalah lapangan,
penyusunan masalah dan tujuan perancangan, identifikasi masalah, identifikasi data
klien dan kompetitor, analisis data, konsep perancangan, alternatif desain, final
desain, dan aplikasi desain.
Dari uraian tersebut, Penulis menarik kesimpulan bahwa perancangan
corporate identity “Gadhe” untuk meningkatkan citra merek memerlukan konsep
yang kreatif serta aplikasi pada media yang tepat. Yaitu dengan cara menanamkan
citra merek “Gadhe” di benak masyarakat melalui aplikasi merek pada media instore
dan didukung oleh media promosi lainnya. Perancangan ini secara
komprehensif terdiri atas desain logo, slogan, label, stationery kit, ambient media,
fitting room, hanger, graphic standard manual, bussiness card, keset, manual book,
stoffmap, wallpaper, neon box, buku nota, point of purchase, shopping bag, flyer,
flyer dispenser, dan packaging bag.

Tinggalkan Balasan

id_IDID