Abstract
Mawardi, Muhammad Khalid. 2015. Perancangan Film Animasi “Damar Kurung” Sebagai Identitas Khas Daerah Gresik. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Pujiyanto, M.Sn., (II) Joko Samudra, M.T
Kata Kunci: Perancangan, Film Animasi, Damar Kurung, Gresik
Kabupaten Gresik adalah sebuah daerah yang terletak di sebelah barat laut Kota Surabaya. Selain sebagai daerah perdagangan Kabupaten Gresik juga sebagai pintu masuk Islam pertama di Jawa. Salah satu kerajinan khas Kabupaten Gresik yang memiliki nuansa islam adalah “Damar Kurung”. “Damar Kurung” adalah kerajinan lampion dari kertas dengan kerangka terbuat dari bilah bambu yang saling berhadapan dengan membentuk persegi yang pada gambar-gambarnya menyerupai bentuk wayang dengan menggunakan warna cerah yang mencerminkan sebuah tradisi Masyarakat yang kental dengan kehidupan religi. Untuk menjaga kelestarian “Damar Kurung” di era perkembangan teknologi. Perlu dirancang sebuah Film Animasi sebagai media informasi yang menghibur dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Gresik. Model Perancangan yang dipakai dalam perancangan Animasi Damar Kurung Sebagai Media Pengenalan dan Ikon Daerah Gresik menggunakan metode perancangan model prosedural. Kerangka perancangan diadopsi dari dari kerangka perancangan Sadjiman Ebdi Sanyoto yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Hasil dari perancangan ini berbentuk film animasi pendek dengan durasi enam menit tiga puluh tiga detik yang menggabungkan animasi Motion Graphic dan animasi 3d dengan judul “Dibalik Damar Kurung” yang mengulas tentang “Damar Kurung”, dengan memasukan berbagai aspek yang terkandung didalam kesenian tradisional tersebut. Film animasi merupakan salah satu media informasi yang dapat digunakan sebagai salah satu media untuk melestarikannya.

Abstract
Mawardi, Muhammad Khalid. 2015. Film Animated Design “Damar Kurung” as An Identity Typical Craft for Gresik Regency. Thesis, Visual Communication Design Study Program, Department of Arts and Design, Faculty of Letters. State University of Malang. Advisor: (I) Drs. Pujiyanto, M.Sn., (II) Joko Samudra, M.T
Keywords: Design, Film Animated, Damar Kurung, Gresik
Gresik Regency is a regency that is located in the northwest of Surabaya city. Apart from being a trading area, Gresik was also a regency in which the entrance of introducing Islam religion in Java. One typical craft of Gresik which has the feel ofIslamis is “Damar Kurung”. “Damar Kurung” is the craft of paper lanterns with frame made of bamboos that face each other formed in a square shape and has some pictures in it such as the pictures of puppet in right colors which once reflect a society with a strong tradition of religious life. To preserve the “Damar Kurung” in the era of technological development, the researchcer try to design an animated featured film as a medium of information that is entertaining and useful for people especially those who live in Gresik. The design models used in designing Animated Damar Kurung for Media Recognition as well as an Icon for Gresik Regency use procedural modeling of design method. The design frame work was adopted by Sadjiman Ebdi Sanyoto and had already been modified as needed. The results of this design was in the form of short animation film with a duration of six minutes and thirty three second that combined animation 3D Motion Graphic animation titled “Behind Damar Kurung” to review about “Damar Kurung”,by entering some various aspects of traditional arts. Animated film is one medium of information that can be used as a medium to preserve it.