ABSTRAK
Eksa, Gallery Widya. 2015. Perancangan Media Informasi Tentang Pencegahan Obesitas Berbasis Infografis Interaktif. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Moeljadi Pranata, M.Pd, (II) Gunawan Susilo, S.Sn, M.Sn.
Kata Kunci: media informasi, obesitas, infografis, interaktif
Tujuan perancangan ini adalah untuk menghasilkan rancangan media informasi tentang pencegahan obesitas dalam upaya pencegahan yang melibatkan kalangan remaja yang memiliki kecenderungan menderita obesitas. Usia Dewasa yang terjangkit, upaya pencegahan menyasar usia remaja. Dengan pendekatan media yang dekat dengan remaja yaitu infografis interaktif yang dapat dijalankan di perangkat komputer. Infografis interaktif mengajak audien turut bereaksi dan berinteraksi dengan sistem navigasi yang disediakan. Audien akan mendapat pengalamn (user experience) dengan adanya konsep teknologi yang ada di dalamnya.
Metode perancangan mengacu pada model prosedural 4D yaitu data, definie, design, disseminate. Konsep perancangan terdiri dari perencanaan media, perencanaan kreatif, dan perencanaan tata desain. Data yang diperoleh berupa data referansi dan data lapangan yang digunakan dalam konten media.
Perancangan ini menghasilkan media berupa infografis interaktif dengan spesifikasi Judul Media yaitu Bebas Dari Obesitas dengan fungsi sebagai media informasi pencegahan obesitas. Target Audiennya adalah laki-laki dan perempuan usia 15-25 tahun. Dimensi media PAL D1/DV 788 x 576 px, 25 fps. Jenis Tipografi yang digunakan yaitu Lobster 1.3 dan Myriad Pro. Warna Dominan Merah C 12, M 90, Y 81, K 2, #D13E3C dan Hijau Biru C 88, M 44.5, Y 56, K 25, #1A6060.
ABSTRACT
Eksa, Gallery Widya. 2015. The Design of Information Media in Obesity Prevention Based on Interactive Infographics. Thesis. Art and Design Department, The faculty of Art, State University of Malang. The Advisor: (I) Dr. Moeljadi Pranata, M.Pd, (II) Gunawan Susilo, S.Sn, M.Sn.
Key Words: Information Media, Obesity, Infographics, Interactive. The object of this study is to produce the design of information media in obesity prevention as the effort of the prevention towards the youth circle who has the tendency of suffering obesity. However, the adult period in suffered of obesity, the effort of prevention starts from the youth age. By the implementation of media approach, it refers to the interactive infographics which can be applied on the computer. The interactive infographics deliberately invites to the audience to react and interact with the available navigation system. The audience will be getting the experience (user experience) from the technological concept inside.
The process refers to procedural 4D model, such as data, definie, design, and disseminate. The concept of design consists of the plan of media, creative plan, and science of designing. Refrences data and actual data will be used for media content.
The design process will obviously creates the interactive infographics with following specification as; Media Headline is Released From Obesity, as a information media in obesity prevention. Audience target are 15-25 years old boys and girls. Media dimension PAL D1/DV 788 x 576 px, 25 fps. Typography used are Lobster 1.3 and Myriad Pro. Color used are Red C 12, M 90, Y 81, K 2, #D13E3C and green-blue C 88, M 44.5, Y 56, K 25, #1A6060.